Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Rumah Luasku Wasur Irian Jaya “Cerita Sabtu Pagi” TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Cerita Sabtu Pagi", Episode:” Toraja & Marauke” untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD Kelas 1 – 3 sederajat. yang tayang pada Sabtu, 16 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Dalam tayangan tersebut diceritakan keindahan Wasur alam yang luas yang berisikan ke aneka ragaman hayati berikut rangkumannya.

Taman Nasional Wasur

Wasur berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Merupakan kawasan konservasi yang istimewa karena kearifan lokal empat suku asli yang bermukin di dalamnya.

Vegetasi di TN Wasur, di antaranya hutan dominan bus (Melaleuca sp), hutan co-dominan Melaleuca sp-Eucalyptus sp, hutan bakau, savana, padang rumput, dan padang rumput rawa. Jenis tanaman yang banyak ditemui adalah pohon bus, akasia, kayu putih, dan pohon besar lainnya.

Di antaranya mamalia endemik, seperti kanguru lapang (Macropus agilis), kanguru hutan (Darcopsis veterum), dan kanguru tanah (Thylogale brunii). Ukurannya memang lebih mungil dibandingkan dengan kanguru di Australia.

Bivak

Bivak adalah tempat berlindung sementara (darurat) di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin.

Bivak memanfaatkan sumberdaya alam di sekitar. seperti menggunakan dedaunan sebagai atap, dinding ataupun alas dan memanfaatkan akar-akaran maupun kulit pohon sebagai tali pembuat bivak.

Dalam cerita hari ini kulit Pohon Bus digunakan untuk membuat atap pada bivak.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/16/134153171/rangkuman-rumah-luasku-wasur-irian-jaya-cerita-sabtu-pagi-tvri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke