Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skenario New Normal IPB, Mata Kuliah Tanpa Praktikum di Awal Tahun Ajaran

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, IPB University sepenuhnya akan melakukan proses penerimaan mahasiswa baru secara daring (online).

Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengatakan mahasiswa baru tidak perlu datang ke Bogor karena seluruh proses akan dilakukan secara online.

"Penerimaan mahasiswa baru kami akan lakukan secara online, murni online. Pada bulan Agustus mendatang, mahasiswa baru tidak datang ke Bogor," paparnya melalui laman resmi IPB, Rabu (10/6/2020).

Sebelumnya, IPB University juga melakukan proses pendaftaran secara online bagi mahasiswa baru yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sebanyak 1.835 siswa yang lulus SNMPTN diminta melakukan registrasi online sejak awal April lalu.

Para calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN di IPB dapat menyiapkan dokumen registrasi yang sudah ditentukan serta mengunggah pada laman registrasi admisi.ipb.ac.id.

Terkait proses perkuliahan, Prof Arif juga mengatakan IPB University sedang memodifikasi susunan mata kuliah untuk diterapkan di semester mendatang.

Ia mengatakan, di awal tahun ajaran IPB University akan mendahulukan mata kuliah yang tidak memerlukan kegiatan praktikum.

"Kuliah satu semester ini memang mau tidak mau harus kita modifikasi urutan mata kuliahnya, yang dulunya kombinasi antara praktikum di laboratorium dan sebagainya. Sekarang semua diambil mata kuliah yang tidak ada praktikum laboratorium. Jadi kita sesuaikan," terangnya.

Seluruh Departemen yang ada di IPB University lanjutnya, sedang bekerja keras menata mata kuliah.

"Menggeser-geser mata kuliah pada periode bulan September 2020 sampai bulan Januari 2021 dengan mendahulukan mata kuliah yang minimal aspek laboratorium fisiknya," imbuhnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/11/083950071/skenario-new-normal-ipb-mata-kuliah-tanpa-praktikum-di-awal-tahun-ajaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke