Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anies Baswedan: Sekolah Jadi Instrumen Mengangkat Derajat Ekonomi Sosial

KOMPAS.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan perhatiannya agar sekolah dapat menjadi instrumen mengangkat derajat seseorang.

Hal ini disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka menjaring aspirasi organisasi profesi, pakar dan organisasi pendidikan yang dilakukan secara daring (10/6/2020).

“Concern utama kita jangan sampai di Jakarta ini justru skema pengelolaan menerimaan siswa tidak menempatkan sekolah sebagai instrumen yang bisa mengangkat derajat sosial ekonomi, dan sekolah sebagai instrumen menghasilkan rasa keadilan,” ujar Anies.

Ia melanjutkan, ”nampaknya ini harus kita lakukan secara sengaja, artinya secara terancana, penuh dengan perhitungan untuk bisa menjadikan sekolah sebagai eskalator.”

Gubernur DKI Jakarta ini mengharapkan sekolah bisa menjadi pengungkit yang mendorong seseorang untuk "naik kelas".

“Jadi bila itu bisa kita kerjakan maka sekolah-sekolah di Jakarta betul-betul jadi pengungkit, kami melihat perlunya aturan mekanisme yang memungkinkan bagi kita untuk mendorong itu,” ucap Anies.

Dalam kesempatan sama, Anies juga meminta dipertimbangkan pembahasan mengenai concern pengangkatan derajat dalam hal pendidikan.

Angkat derajat lewat pendidikan

Anies menyampaikan, “poin ini mohon dipertimbangkan secara serius. Jakarta adalah tempat di mana kita semua banyak datang ke kota ini berbakal hasil pendidikan. Di kota ini kita di naik kelaskan dari bukan siapa-siapa, datang kesini numpang ditempat keluarga numpang di tempat kerabat.”

Ia melanjutkan, “zaman dulu dengan bis, dengan kendaraan apa adanya, dan sekarang sudah punya mobil, sudah punya rumah, hidup sejahtera.” 

“Kita ingin di kota ini proses eskalator ini tetap bisa berjalan. Jangan sampai sekolah-sekolah kita hanya menjadi tempat di mana mereka yang belum sejahtera tidak dapat kesempatan yang sama dibandingkan mereka yang sudah sejahtera,” tegas Anies.

“Justru sekolah kita secara sengaja, memberikan tempat kepada mereka yang berlatar belakang keluarga belum sejahtera untuk dapat kesempatan yang sama,” ucap Anies.

“Kalau kita melihat anak berprestasi misalnya, maka potensi untuk prestasi itu hadir dari mereka yang berlatar balakang keluarga sejahtera lebih besar kemungkinannya dari pada mereka yang berlatar belakang keluarganya prasejahtera,”ungkap Anies.

Ia melanjutkan, “jadi kita harus memperhitungkan betul bukan semata-mata beri anak berprestasi, tapi tujuan kita apa. Tujuan kita adalah mengangkat derajat seluruh masyarakat lewat pendidikan.”

Spirit keadilan dan peluang sama

Anies mengatakan, “jadi cara kita menentukan porsi, lokasi dan lain-lain itu spiritnya adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Jakarta.”

“Spiritnya bukan sekedar memudahkan proses, bukan untuk mendapatkan anak-anak berprestasi mewakili Jakarta tapi tujuannya adalah membuat Jakarta itu kesempatan untuk naik kelas,” tambahnya.

“Kita akan merasa khawatir bila di Jakarta ini keluarga prasejahtera itu menjadi 2-3 generasi kenapa, karena dari keluarga prasejahtera kirimnya ke sekolah yang sekolahnya tidak berhasil membekali dengan baik,” kata Anies.

Ia melanjutkan, “lalu mereka harus mempunyai generasi berikutnya yang nanti akhirnya terbekali dengan materi yang sama lintas generasi dan naik kelas secara sosial ekonomi.”

“Kita ingin justru mereka yang prasejahtera menitipkan anaknya ke sekolah dan sekolah itu menjadi pengungkit untuk mereka bisa naik kelas,” ujar Anies.

“Jadi ada harapan itu, dan ini bukan mendasarkan pada pantangan teoritik saja tapi berdasarkan pengalaman bangsa kita. Kita ingin agar kita semua komponen masyarakat bisa mendapat peluang yang sama,” ucap Anies.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/14/222639571/anies-baswedan-sekolah-jadi-instrumen-mengangkat-derajat-ekonomi-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke