Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa D2 D3 di Jepang, Gratis Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup Rp15 Jutaan per Bulan

KOMPAS.com - Buat kamu yang ingin kuliah jenjang D2 dan D3 di Jepang, ada tawaran menarik nih.

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/ MEXT) menawarkan progam Beasiswa D2 (Senshu) dan D3 (Kosen) untuk melanjutkan kuliah di Jepang bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat.

Peserta tak boleh mendaftar program Gakubu (S1), Kosen (D3), Senshu (D2) sekaligus. Pihak panitia akan langsung mendiskualifikasi peserta yang mendaftar lebih dari satu program beasiswa dari Monbukagakusho/MEXT.

Selain beasiswa Senshu dan Kosen, MEXT juga menawarkan beasiswa Gakubu.

Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Jepang bersifat penuh (Full Scholarship). Berikut informasinya.

Cakupan Beasiswa

  1. Gratis biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan)
  2. Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000 (Rp 15 jutaan) setiap bulan
  3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  5. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas
  6. Gratis biaya pendaftaran dan biaya seleksi

A. Program Specialized Training College (Senshu)

Specialized Training College merupakan sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang mempunyai potensi berkembang tinggi di pasar dunia.

Program ini berlangsung selama 2 tahun. Setelah lulus dari Specialized Training College (Senshu Gakko), siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga.

Periode penerimaan beasiswa kuliah di Jepang juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Para penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang sebelum memasuki perkuliahan. Total masa belajar (1 tahun sekolah persiapan + 2 tahun Specialized Training College) yaitu 3 tahun.

Persyaratan

  1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/K dan sederajat (semua jurusan)
  2. Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (Pelamar yang lahir pada atau setelah 2 April 1996)
  3. Nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) adalah minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang bila ada
  4. Apabila nilai rata-rata mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 80, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat kelulusan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N4
  5. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU, akan menjadi poin tambahan
  6. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut

B. Program College of Technology Kosen

College of Technology merupakan sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur).

Khusus bagi penerima beasiswa kuliah di Jepang program KOSEN, akan masuk ke College of Technology sebagai siswa tahun ketiga. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga.

Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Para penerima beasiswa kuliah di Jepang akan terlebih dulu belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo sebelum memasuki perkuliahan di College of Technology.

Total masa belajar yaitu 4 tahun, khusus bagi yang memilih bidang studi Maritime Engineering total masa belajar yaitu 4,5 tahun.

Persyaratan

  1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat jurusan IPA
  2. Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (Pelamar yang lahir pada atau setelah 2 April 1996)
  3. Nilai total rata-rata rapor seluruh semester (dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII) adalah minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Fisika/Kimia/Biologi/Kejuruan (pilih salah satu dalam ranah IPA)
  4. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan
  5. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut

Untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan program studi, persyaratan dokumen, dan tata cara pendaftaran Beasiswa Kosen dan Senshu, silakan kunjungi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia di sini dan di sini.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/070000871/beasiswa-d2-d3-di-jepang-gratis-biaya-kuliah-dan-tunjangan-hidup-rp15-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke