Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prodi Biologi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021 adalah...

KOMPAS.com - Program studi (prodi) Biologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih posisi pertama versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021.

Catatan tersebut membuat prodi Biologi UGM menjadi prodi Biologi yang terbaik di Indonesia.

"Fakultas Biologi yang mencatatkan diri sebagai program studi/jurusan Biologi terbaik se-Indonesia dalam rumpun Kedokteran dan Ilmu Hayat versi QS WUR 2021," ungkap Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Budi Setiadi Daryono seperti dikutip dari laman UGM.

Sebelumnya, QS telah mengumumkan hasil pemeringkatan universitas dalam QS WUR 2021 yang menempatkan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat 254 dunia.

Penilaian berdasarkan enam kriteria, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty students-ratio, international faculty, dan international students.

Prof. Budi mengatakan Fakultas Biologi yang merupakan Fakultas Biologi pertama dan tertua di tanah air terus berupaya mempertahankan kualitas dari tahun ke tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir pihaknya banyak melakukan pengembangan antara lain dengan memperluas kerja sama internasional dengan ANU ((The Australian National University), Murdoch University, dan CDU (Charles Darwin University) Australia.

Selain itu, juga berhasil menjalin kerja sama dalam pelaksanaan student exchange di UTHM (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Yamagata University Japan, dan Gottingen University (Jerman).

“Kita terus berusaha meningkatkan kualitas dan mengembangkan Fakultas Biologi sebagai kampus Biologi terbaik di Indonesia setiap tahunnya, termasuk dengan mengembangkan International Undergraduate Program yang telah direalisasikan tahun lalu” terangnya.

Prof. Budi menyebutkan Fakultas Biologi UGM secara khusus juga menjadi institusi terdepan yang mengelola Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) untuk mengawal isu perlindungan biodiversitas melalui Indonesia Biodiversity Index (IBI) dan pelaksanaan SDGs di Indonesia.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/080000071/prodi-biologi-terbaik-di-indonesia-versi-qs-wur-2021-adalah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke