Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Prodi Paling Diminati di SBMPN 2020, Studi Bisnis Terfavorit

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi diumumkan pada 4 Juli 2020.

Pasca diumumkannya hasil SBMPN 2020, tercatat ada empat program studi (prodi) yang menduduki peringkat atas dengan peminat tertinggi

Merangkum laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), prodi terfavorit didominasi oleh bidang bisnis dan informatika dengan urutan Program Studi Akuntansi pada urutan pertama.

Lalu, prodi selanjutnya yang paling diminati peserta SBMPN ialah Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis dan Teknik Informatika.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, masyarakat masih menaruh kepercayaan yang besar pada prodi-prodi bernuansa bisnis dan ekonomi, seperti Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis.

“Masyarakat menganggap kebutuhan akan alumni prodi ini banyak dibutuhkan, terutama dalam membangun perekonomian di Indonesia,” ujar Wikan seperti dilansir dari laman Kemendikbud.

Masyarakat, lanjut dia, kini juga mulai melirik peluang-peluang yaitu dengan membangun bisnis atau usaha, membuka dan mengatur usaha, keuangan, serta dokumentasi dengan baik secara offline dan online.

“Tak hanya itu, lulusan yang mampu membuka usaha yang kreatif, inovatif barbasis IT dan menciptakan lapangan kerja akhir-akhir ini juga dibutuhkan. Selain memberi ruang berkembangnya industri kreatif, juga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” terang Wikan.

Perkembangan teknologi yang kian pesat, terutama yang berhubungan dengan informasi dan komputer ditengarai menjadi alasan kenapa prodi Studi Teknik Informatika juga banyak dipilih.

Di samping, lanjut dia, prediksi bahwa kebutuhan tenaga kerja pada empat prodi itu masih sangat tinggi.

Wikan berharap ke depannya pemerintah dapat mengakomodir peminatan ini melalui kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Selain itu, perguruan tinggi akan mendukungnya melalui kerja sama dan kolaborasi serta pengembangan inovasi seiring dengan kemajuan sektor industri.

Pendidikan vokasi kian diminati

Menurut Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) sekaligus Ketua SBMPN 2020 Zainal Arief, sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 19 Mei hingga 25 Juni 2020, tercatat jumlah 114.532 siswa yang mengikuti seleksi jalur SBMPN.

“Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Bahkan di beberapa politeknik peningkatannya hampir 100 persen,” terang Zainal.

Melihat animo pendaftar yang meningkat tajam, menunjukkan betapa masyarakat makin menaruh harapan tinggi pada pendidikan vokasi di Indonesia.

Peminatan memang sering dikaitkan dengan ketersediaan lapangan pekerjaan dan prospek ke depan lulusan. Itu juga sepertinya menjadi alasan mengapa jenjang pendidikan yang kebanyakan dipilih pendaftar adalah Diploma III atau Sarjana Terapan dibandingkan dengan Diploma III.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi Benny Bandanadjaya menyatakan antusiasnya dengan kenaikan jumlah pendaftar SBMPN 2020 ini.

Ia mengatakan dengan bentuk pembelajaran di Pendidikan Tinggi Vokasi, sebagian besar praktik akan sangat mendukung lulusannya untuk menjadi ahli dan terampil dalam bidangnya masing-masing.

“Harapannya dengan lahirnya banyak lulusan-lulusan politeknik dengan kompetensi dan keahlian di bidang ekonomi dan IT, maka lulusan politeknik akan dapat ikut mendorong meningkatnya perekonomian Indonesia dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum,” ujar Benny.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/09/153230371/4-prodi-paling-diminati-di-sbmpn-2020-studi-bisnis-terfavorit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke