Salin Artikel

Visualisasi Data, Upaya Hadirkan Komunikasi Data Menarik

KOMPAS.com - Visualisasi data memiliki peran penting dalam memberikan suatu keputusan bagi perusahaan. Tentu hal ini membutuhkan skill dalam memvisualisasikan data hasil pengolahannya secara sederhana dan efektif.

Dengan demikian pentingnya peran seorang data analyst dalam suatu perusahaan, membuat profesi ini kian hari kian diminati.

Seorang data analyst perlu mempelajari cara memvisualisasikan data, guna menghasilkan insight yang baik bagi perusahaan yang membutuhkan.

Sebelum itu, kamu perlu tahu faktor apa saja yang perlu dimiliki seorang data analyst.

Yuk, simak bersama apa saja faktor lain mengapa seorang praktisi data wajib menguasai visualisasi data dari Laksono Hari Wiwoho Wakil Redaktur Pelaksana Kompas.com:

1. Keuntungan belajar visualisasi data

Dengan visualisasi data, seorang praktisi data akan lebih leluasa menyampaikan hasil pengolahan datanya kepada audience yang memang awam dengan data.

Dengan demikian, insight yang didapatkan dari hasil pengolahan data dapat disampaikan secara lebih efektif dan sederhana.

“Kita menjadi lebih kaya untuk menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan data,” ujar Laksono.

“Visualisasi data berhubungan dengan cara kita menyampaikan cerita dibalik sebuah data kepada audience sehingga dengan memvisualisasikannya kita akan mudah menyampaikan pesan kepada audience,” tambahnya.

2. Pentingnya belajar visualisasi data

Sebagai data analyst kamu wajib memahami visualisasi data, bagaimana kita menyederhanakan cara penyampaian data yang kita miliki kepada audiens.

Dengan demikian audiens tidak bingung dan tidak melulu melihat angka-angka yang membuatnya semakin menjadi susah memahami permasalahan.

“Visualisasi data dengan cara yang efektif, efisien dan sederhana akan memudahkan kita menceritakan isi dari data tersebut,” jelas Laksono.

3. Mudah dalam pengambilan keputusan

Dengan menganalisa dan memahami hubungan antara beberapa variabel data yang telah divisualisasikan, seorang praktisi data akan lebih mudah dalam proses pengambilan keputusan.

Dengan demikian kamu dapat membuat suatu keputusan tepat bagi perusahaan.

Hal ini dibutuhkan ketika seorang data analyst ataupun data scientist sedang mengkomunikasikan suatu data, tidak ada lagi asumsi lain yang muncul.

Hal ini membuat para pengambil keputusan dapat mengambil tindakan secara profesional berdasarkan base on data.

Yuk, asah kompetensi visualisasi datamu dengan bangun portofolio data dalam bentuk Infografis bersama DQLab. Belajar data science secara praktis dan aplikatif dapat menunjang kompetensi data yang dibutuhkan untuk berkarir di industri.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/14/223220971/visualisasi-data-upaya-hadirkan-komunikasi-data-menarik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.