Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemendikbud Dorong Kolaborasi Perguruan Tinggi UK-Indonesia Terkait Covid-19

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19, perguruan tinggi di Indonesia telah banyak berkontribusi pada bidang kesehatan. Berbagai inovasi terus dilakukan agar membantu pemerintah Indonesia.

Tak hanya dalam pembuatan alat pelindung diri (APD), tetapi berbagai kampus di Indonesia juga ikut melakukan penelitian. Bahkan hingga mengembangkan vaksin Covid-19.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam, perguruan tinggi di Indonesia telah menyumbang berbagai inovasi khususnya di bidang Kesehatan.

"Dalam empat bulan terakhir, perguruan tinggi di Indonesia telah aktif melakukan berbagai inovasi," ujar Nizam pada acara bertajuk "Joint Declaration and Founders Meeting UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS)", secara daring seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Jumat (21/8/2020).

Pengembangan ventilator

Dikatakan, berbagai penelitian dan pengembangan studi di bidang kesehatan terus dilakukan, juga terkait mitigasi pencegahan dan penanganan pasien Covid-19.

Untuk inovasinya, ada lebih dari 11 jenis ventilator yang telah dikembangkan perguruan tinggi bersama pusat penelitian Indonesia.

Disamping itu ada ratusan ventilator yang telah digunakan oleh berbagai rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

"Kini ratusan ventilator tersebut telah digunakan oleh banyak rumah sakit untuk membantu penanganan pasien, rapid test, serta PCR test. Selain itu juga, pengembangan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan," jelas Nizam.

Tak hanya dalam hal inovasi bidang kesehatan saja, Nizam juga menjelaskan bahwa ribuan mahasiswa telah melakukan aksi relawan kemanusiaan kepada masyarakat untuk melakukan edukasi terkait pandemi.

Para mahasiswa yang menjadi relawan tersebut memberikan edukasi melalui metode media komunikasi, informasi dan pendidikan bagi masyarakat dalam pandemi saat ini.

Kolaborasi lawan pandemi

Dalam paparannya tersebut, Nizam berharap bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi kedua negara dapat bersama mengembangkan penelitian untuk kepentingan bersama.

Tentu semua demi penanganan pandemi Covid-19 ini. Karena menurutnya, sudah sepatutnya perguruan tinggi menjadi wadah inovasi untuk kehidupan yang lebih baik.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi UK-Indonesia, akan bersama melawan pandemi Covid-19, juga dapat melakukan penelitian gabungan yang akan bermanfaat bagi kedua negara," harapnya.

Sebab menurutnya, perguruan tinggi sebagai mesin inovasi serta sumber daya manusia sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan masyarakat untuk hidup lebih baik.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/22/080123671/kemendikbud-dorong-kolaborasi-perguruan-tinggi-uk-indonesia-terkait-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke