Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hobi Berkebun? Ini Cara Mudah Membuat Pestisida Nabati ala Pakar Unpad

KOMPAS.com - Berkebun menjadi salah satu aktivitas yang digemari saat pandemi Covid-19. Selain bisa meredakan stres, berkebun juga bisa menghasilkan ragam sayuran.

Namun, kehadiran serangga hama tanaman bisa membuat tanaman menjadi tidak sehat. Menggunakan pestisida kimia di lingkungan rumah pun bukan pilihan tepat.

Sebagai salah satu alternatif sehat pengendalian serangga hama tanaman, penggunaan pestisida nabati dinilai aman digunakan.

Dosen Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Unpad Yusup Hidayat mengatakan proses pembuatan pestisida nabati relatif tidak sulit. Pestisida ini dibuat dengan menggunakan bahan baku yang mudah ditemui.

“Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman,” jelas Yusup di Webinar Series 5 “Pengendalian Serangga Hama Menggunakan Pestisida Nabati”, Kamis (27/8/2020), seperti dilansir dari laman Unpad.

Ia menjelaskan, tanaman yang berpotensi sebagai bahan pestisida memiliki ciri beraroma kuat, rasa yang pahit, tidak disukai serangga hama, dan dapat digunakan sebagai tanaman obat.

Sejumlah tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan baku pestisida nabati seperti daun pepaya, brotowali, bawang putih, mimba, kipait, saliara, suren, dan jarak pagar.

Pranata Laboratorium Pendidikan Laboratorium Pestisida dan Toksikologi Lingkungan Faperta Unpad Ema Budiman menambahkan, pestisida nabati dapat menolak kehadiran serangga karena baunya yang menyengat.

Selain itu, pestisida nabati juga dapat mencegah serangga memakan tanaman, menghambat reproduksi serangga, mengacaukan sistem hormon di dalam tubuh serangga, dan mengendalikan pertumbuhan jamur dan bakteri.

Meski demikian, pestisida nabati memiliki beberapa kelemahan, seperti cepat terurai dan daya kerjanya relatif lambat sehingga harus sering diaplikasikan.

Pada kesempatan tersebut, Ema memperkenalkan proses pembuatan pestisida nabati menggunakan daun sirsak.

Pestisida berbahan dasar daun sirsak ini dinilai sederhana dan mudah dibuat.

Untuk membuat pestisida nabati berbahan dasar daun sirsak, kata dia, terlebih dahulu daun sirsak dipotong-potong, kemudian ditambah air lalu diblender atau dihancurkan.

Selanjutnya, bahan tersebut ditambahkan detergen dan direndam selama 24 jam. Hasil rendaman kemudian disaring, diencerkan, dan siap diaplikasikan pada tanaman.

“Ini pestisida yang sederhana. Pestisida yang ramah lingkungan,” ujar Ema.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/30/073904871/hobi-berkebun-ini-cara-mudah-membuat-pestisida-nabati-ala-pakar-unpad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke