Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak agar semua mahasiswa Indonesia yang telah selesai menimba ilmu di luar negeri untuk kembali ke Indonesia.

“Mohon kembali ke Tanah Air, negara Indonesia membutuhkan Anda,” ucap Nadiem dalam Penutupan Simposium Internasional Online Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2020 secara virtual di Jakarta, Minggu (30/8/2020), seperti dilansir laman Kemendikbud.

Belajar di luar negeri, lanjut Nadiem, memberikan kesempatan mahasiswa untuk menimba ilmu, pengalaman, membangun jaringan, dan mengenalkan budaya tentu.

“Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Setelah itu kembalilah ke Tanah Air karena besar sekali dampaknya yang teman-teman bisa lakukan untuk Indonesia,” imbau Nadiem.

Kemajuan bangsa bergantung pada manusianya

Nadiem mengatakan, paradigma kebergantungan dunia terhadap sumber daya alam kini telah bergeser ke arah sumber daya manusia.

Saat ini, kata dia, masyarakat di seluruh dunia menyadari bahwa kunci kemajuan sebuah bangsa terletak pada sumber daya manusianya.

“Kita perlu sadari, tanpa kerja cerdas, makin sulit kita mengantarkan Indonesia pada kemajuan itu,” tutur Mendikbud.

Oleh karena itu, Nadiem mengaku bangga dengan pencapaian PPI Dunia yang telah menjalankan kiprahnya sebagai perhimpunan terbesar yang ada di luar negeri, dan berharap PPI dapat menunjukkan kontribusinya bagi kemajuan Indonesia.

Koordinator PPI Dunia periode 2020/2021 Choirul Anam menambahkan, proklamator pertama Indonesia, yakni Presiden Soekarno adalah lulusan dalam negeri, dan Bung Hatta adalah lulusan luar negeri.

"Saat keduanya berkolaborasi satu sama lain, dampaknya sangat luar biasa, semoga di zaman yang serba digital ini seluruh rekan-rekan PPI dapat berkolaborasi guna membuat gerakan baru yang bersejarah untuk memajukan Indonesia,” papar Fadlan.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/03/122455371/mendikbud-nadiem-mohon-kembali-ke-tanah-air-negara-membutuhkan-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke