Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Ini 5 Akun YouTube yang Bisa Bantu Kembangkan Diri

KOMPAS.com – Masa pembelajaran secara dalam jaringan (daring) tidak menjadi penghalang untuk mahasiswa mengembangkan diri, termasuk dengan menonton YouTube.

Dengan ada di rumah karena pandemi Covid-19, mahasiswa dapat mulai mengali diri, merumuskan tujuan hidup, dan juga menguatkan potensi untuk mengembangkan diri.

Namun, tidak semua orang dapat melalui proses itu sendiri. Melansir Psychology Today, wajar kalau proses mengubah diri untuk mengembangkannya tidaklah mudah.

Maka dari itu, mahasiswa dapat memperoleh bantuan agar bisa mengembangkan diri secara maksimal dari 5 akun YouTube di bawah ini.

1. Psych2Go

Serupa dengan namanya, akun YouTube ini fokus membahas mengenai kehidupan dengan bingkai ilmu psikologi. Akan tetapi, pembahasannya tetap ringan dengan animasi yang sederhana.

Berdasarkan artikel dari Exploring Your Mind, belajar ilmu psikologi dapat membantu seseorang untuk lebih memahami dirinya sendiri. Alasannya karena dalam proses belajar akan timbul masa pencarian jawaban atas pertanyaan untuk diri sendiri.

Selain itu, kamu dapat masuk ke dalam cara pandang orang lain sehingga dapat lebih mengenai bagaimana dinamika hubungan manusia.

2. Lavendarie

Berangkat dari pengalaman masa kecilnya, Aileen Xu menciptakan akun YouTube bernama Lavendarie untuk membantu menumbuhkan diri serta mendesain gaya hidup.

Selama 6 tahun berkarya di YouTube, Aileen telah berbagi pengetahuan dan inspirasi untuk menciptakan kehidupan impian penontonnya. Dengan berfokus pada kesehatan mental dan gaya hidup, Aileen juga kerap membuat latihan interaktif dengan penotonnya.

Bagi mahasiswa yang butuh belajar manajemen diri, Lavendarie dapat menjadi salah satu alternatif mentor untuk membuat perencanaan tujuan hidup.

3. Satu Persen

Akun YouTube asal Indonesia ini akan mengajarkan mahasiswa tentang kemampuan dasar kehidupan, pemahaman diri, dan makna hidup. Selain itu, konten dari Satu Persen juga membahas mengenai hubungan sosial, produktivitas, dan karier.

Dengan belajar melalui video yang mereka buat, Satu Persen berharap agar bisa membawa mahasiswa berkembang sehingga bisa mencapai kehidupan yang layak.


4. Kok Bisa

Mengembangkan bakat dan potensi diri tidak hanya bisa dilakukan lewat kuliah. Salah satu konten YouTube yang bisa menjadi alternatif mengembangkan ilmu pengetahuan Anda adalah Kok Bisa.

Melalui video-video animasi edukatif, Kok Bisa dapat membawa mahasiswa merasakan pengalaman belajar berbagai ilmu pengetahuan, terutama sains, yang inovatif. Jika mahasiswa memiliki pertanyaan sehari-hari yang belum terjawab, Kok Bisa terbuka untuk mengulik dan menjawabnya.

5. Goodful

Merasa diri menjadi lebih baik secara mental saja tidak cukup. Untuk bertahan secara jasmani, manusia membutuhkan perawatan diri dari segi makanan hingga pola hidup.

Maka dari itu, Goodful bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang sedang mencari inspirasi bagaimana cara memperoleh hidup lebih baik dan melakukan yang baik.

Dalam akun YouTubenya, Goodful membagikan kisah seseorang untuk berusaha mengubah gaya hidup menjadi zero waste dan berbagai resep makanan sehat. 

https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/04/143741971/mahasiswa-ini-5-akun-youtube-yang-bisa-bantu-kembangkan-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke