Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membangun Narasi Bersama Akselerasi Pemulihan Ekonomi lewat Kampus Merdeka

KOMPAS.com- Ancaman resesi ekonomi Indonesia mengemuka ketika pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 tercatat dibawah nol, di angka minus 5,32 persen.

Presiden Joko Widodo mengatakan jika pada kuartal III 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali minus, maka Indonesia akan mengalami resesi.

"Kalau kita masih berada pada posisi minus, artinya kita masuk ke resesi," kata Presiden Jokowi saat memberi pengarahan pada para gubernur lewat konferensi video dari Istana Kepresidenan, Bogor, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Hal ini membuat perguruan tinggi, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi terpanggil untuk ikut turun tangan dalam melakukan akselerasi pemulihan ekonomi melalui berbagai program yang digulirkan.

"Oleh sebab itu, Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) menyiapkan berbagai macam persiapan dengan membuat berbagai modul elektronik yang berhubungan dengan 6 sektor penggerak ekonomi menurut RJPMP," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani kepada media di Jakarta (3/9/2020).

Paristiyanti menjelaskan sektor tersebut antara lain meliputi food processing, e-commerce, pariwisata, kesehatan, hingga peningkatan profesionalitas SDM ke luar negeri.

400 ribu mahasiswa turun ke daerah

Lebih jauh Sekdit Dikti menjelaskan implementasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar diharapkan mampu menjadi mesin penggerak dari akselerasi pemulihan ekonomi.

"Kampus Merdeka-Merdeka Belajar akan turun untuk memenangkan melawan Covid dengan mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan menerjunkan 400 ribu mahasiswa untuk turun semua ke daerah, membangun daerahnya masing-masing," tegas Paristiyanti.

Lebih jauh Paris menyampaikan, "mahasiswa ini nantinya akan melakukan identifikasi masalah yang terjadi di daerah, mencari solusinya, (menemukan) produk jasa apa yang paling bagus untuk menjadikan daerah tersebut bangkit dari keterpurukan ekonomi."

Ia menegaskan pembalikan ekonomi dari minus menjadi positif tidak dapat dilakukan hanya dengan "ongkang-ongkang" kaki atau santai-santai saja. "Tidak ada yang memberi hadiah pada kita. Kecuali dengan bekerja keras," tegasnya.

Untuk itu, Paris mengatakan pihaknya tengah berupaya menyiapkan ekosistem ini. Ekosistem ini nantinya diharapkan akan mempertemukan antara pendidikan tinggi dan dunia usaha.

Ia mendorong pihaknya untuk terus melakukan kerja sama dengan banyak pihak, bukan saja dalam tataran MoU namun hingga implementasi.

"Ayo bangkitkan ekonomi Indonesia. Jangan menganggurkan dosen-dosen yang pintar dan mahasiswa. Turun semua ke lapangan, turun semua ke industri. Mari ciptakan pasar-pasar kerja dan usaha-usaha yang kreatif," ajak Sekdit Dikti.

Ia berharap gotong royong berbagai pihak dengan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar akan mampu mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Hal senada disampaikan Tim Kerja Akselerasi Reka Cipta Indonesia, Achmad Aditya, "ekosistem ini yang mempertemukan pendidikan tinggi dan dunia usaha diharapkan menjadi salah satu mesin pendorong Kampus Merdeka-Merdeka Belajar." 

Aditya menjelaskan selain manfaat menyiapkan mahasiswa agar lebih siap memasuki dunia kerja, ekosistem ini juga diharapkan memberi nilai tambah ekonomi.

"Harapannya dengan adanya ekosistem yang baik ini nantinya solusi-solusi yang dibutuhkan industri, dunia usaha, dan masyarakat bisa datang dari perguruan tinggi," ujar Aditya.

Dalam kesempatan sama, Tim Kerja Akselerasi Inovasi, Ade Kadarisman juga menyampaikan implementasi pemulihan ekonomi lewat perguruan tinggi diharapkan menjadi narasi bersama.

"Penting kita bersama-sama melakukan pemulihan ekonomi pascacovid selaras dengan konteks pendidikan tinggi dalam berbagai aspek," ungkap Ade.

Ade menambahkan implementasi Kampus Merdeka yang secara konkret turun langsung ke masyarakat diharapkan nantinya mampu memberi dampak lebih luas.

"Kampus Merdeka yang diimplementasikan secara konkret di masyarakat maka akan memberikan kebermanfaataan yang lebih luas kepada masyakarat dan menjadi salah satu penggerak dari pemulihan ekonomi bangkit dari Covid," tutup Ade.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/07/071500671/membangun-narasi-bersama-akselerasi-pemulihan-ekonomi-lewat-kampus-merdeka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke