Salin Artikel

Jadwal Seleksi Tahap II Calon Guru Penggerak

KOMPAS.com - Sebanyak 4.598 calon peserta Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 yang lolos seleksi tahap 1 akan mengikuti seleksi tahap 2.

Adapun untuk seleksi tahap 1 terdiri dari seleksi administrasi, CV, Tes Bakat Skolastik, dan Esai. Selanjutnya, calon guru penggerak ini akan mengikuti seleksi tahap 2.

Seperti apa seleksi di tahap 2? Ternyata, seleksinya ialah simulasi mengajar dan wawancara. Tentu hal ini tidak menjadi kendala bagi para peserta yang notabene adalah seorang guru.

Jadi agen transformasi

Perlu diketahui, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya.

Tentu untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan demi mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

"Untuk yang telah lolos seleksi 1 kami ucapkan selamat. Seleksi tahap 2 terdiri dari Simulasi Mengajar dan Wawancara," ujar Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Senin (7/9/2020).

Jadwal seleksi tahap 2

1. Jadwal simulasi mengajar: 7-12 September 2020

2. Jadwal seleksi wawancara: 14-26 September 2020

Sekarang era berpikir kritis

Menurut Rachmadi, guru penggerak yang diinisiasi nantinya sebagai transformasi kepemimpinan pendidikan. Sebab, semua sudah sesuai kriteria atau orang-orang terpilih.

Tentu harapannya, di seleksi tahap 2 ini para guru dapat menunjukkan kapasitasnya sebagai agen transformasi pendidikan Indonesia.

"Masih ada 1 tahapan lagi yaitu ibu dan bapak diminta menunjukkan performanya. Bagaimana peserta piawai sebagai calon guru penggerak.

Guru penggerak ini harus bisa menyelaraskan antara semua ekosistem pendidikan. Yakni bagaimana menggerakkan, mendiseminasi, mengoptimalkan semua sumber belajar yang ada di kelas.

Selain itu juga bagaimana memberi stimulus-stimulus siswa bertanya, bagaimana memberikan trigger untuk critical thinking, dan sebagainya.

Era sekarang adalah critical thinking, creativity, collaboration, communication, sebagai kompetensi abad 21 yang akan disampaikan kepada anak-anak didik.

"Mohon ibu dan bapak menjadi motor penggeraknya," harap Rachmadi Widdiharto.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/08/051100671/jadwal-seleksi-tahap-ii-calon-guru-penggerak

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.