Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa "Padamu Negeri" Fatih Bilingual School Tetap Hadir di Tengah Krisis Pandemi

KOMPAS.com - Fatih Bilingual School di Kota Banda Aceh setiap tahunnya selalu membuka kesempatan beasiswa bagi seluruh siswa di Indonesia, termasuk di tengah krisis pandemi global Covid-19 ini.

Sebagai salah satu sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) dengan kurikulum Cambridge Assessment International Education, Fatih Bilingual School memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi dalam berbagai bidang melalui "Beasiswa Padamu Negeri".

"Beasiswa ini bentuk apresiasi kepada para siswa Indonesia yg berprestasi ataupun mempunyai potensi untuk berpretasi dalam berbagai bidang," ujar Nurhadi Hafman, General Manager Fatih Bilingual School.

Nurhadi menambahkan, "kami berharap dengan sedikit kontribusi beasiswa yang kami berikan, dapat menjadi alternatif bagi para siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka dengan tanpa biaya."

Pihaknya juga berharap siswa lain juga termotivasi untuk berusaha lebih baik lagi dalam bidang yang mereka tekuni terlepas dari semua halangan dan masalah yang dihadapi termasuk di masa pandemi ini. 

Beasiswa ini ditujukan untuk para siswa kelas SD/MI kelas 6 yang akan melanjutkan ke jenjang SMP dan SMP/MTs kelas 9 yang akan melanjutkan ke jenjang SMA yang berasal dari berbagai daerah di 34 provinsi di Indonesia dan dari berbagai latar belakang tanpa melihat suku, ras dan agama.

Jalur beasiswa

Beasiswa "Padamu Negeri" ditawarkan untuk jenjang SMP dan SMA dalam bidang-bidang berikut:

  • Prestasi Olimpiade Sains: Ditujukan kepada medalis KSN (Kompetisi Sains Nasional) dalam berbagai bidang. Para medalis KSN langsung mendapatkan kesempatan beasiswa tanpa tes.
  • Prestasi Akademik: Ditujukan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik di level sekolah maupun kota, provinsi dan nasional.
  • Tahfidz: Ditujukan kepada para siswa penghafal al-Quran.
  • Seni: Ditujukan untuk siswa yang memiliki kemampuan dalam bidang seni meliputi seni vokal, musik (mampu memainkan salah satu alat musik dengan baik), dan seni rupa (kriya, desain poster atau lukis)
  • Olahraga: Ditujukan untuk siswa yang memiliki kemampuan dalam bidang olahraga yang dimainkan perorangan, seperti: badminton, renang, pencak silat, golf, ice skating, dan lainnya.
  • Kepemimpinan (khusus calon siswa SMA): Penerima beasiswa kategori ini akan bergabung dengan kepengurusan organisasi sekolah (OSIS dan lainnya) dan bersedia menjadi Pembina Asrama Fatih Bilingual School saat menempuh pendidikan di universitas.

Selain syarat khusus yang telah ditetapkan dari setiap jalur beasiswa, Nurhadi juga mengungkapkan ada kriteria utama yang harus dimiliki setiap peserta beasiswa.

"Kriteria utama dari berbagai kategori beasiswa yang ada adalah kebermanfaatan bagi orang lain," tegas Nurhadi.

Ia menyampaikan, "para siswa calon penerima beasiswa harus menunjukkan bahwa mereka memiliki mindset dan cita-cita untuk memberikan manfaat bagi sesama melalui bidang yg mereka tekuni."

Cakupan beasiswa

Peserta yang terpilih akan memperoleh beasiswa meliputi:

1. Proses pendaftaran dibuka pada tanggal 1 September - 15 Oktober 2020 melalui link fatih.sch.id/beasiswa-padamu-negeri

2. Proses seleksi beasiswa sepenuhnya akan dilakukan secara daring (online) sehingga memudahkan bagi para peserta dimanapun mereka berada dan sebagai salah satu cara pencegahan terhadap wabah covid yang terjadi saat ini.

3. Para peserta yang berhasil mendapatkan beasiswa dapat menempuh pendidikan di Fatih Bilingual School pada tahun ajaran 2020-2021.

Fatih Bilingual School berharap program Beasiswa Padamu Negeri dapat menjadi alternatif bagi seluruh siswa di Indonesia dalam menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya.

Pemberian beasiswa sudah dilakukan sejak awal Fatih berdiri tahun 2005. Pada waktu itu Fatih menerima banyak sekali siswa2 korban tsunami dan diberikan beasiswa untuk bersekolah di Fatih.

Program tersebut juga merupakan bentuk kontribusi Fatih Bilingual School khususnya di dalam dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ini. Pemberian beasiswa sudah dilakukan sejak awal Fatih berdiri tahun 2005.

Pada waktu itu Fatih menerima banyak sekali siswa2 korban tsunami dan diberikan beasiswa bersekolah di Fatih.

"Di masa pandemi ini, semua lini kehidupan pastinya terpengaruh termasuk di Fatih. Tetapi semangat memberikan kontribusi kepada masyarakat tidak boleh hilang, karena hal itu sudah menjadi DNA nya Fatih dari awal berdirinya," tutup Nurhadi.

Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakes melalui: http://fatih.sch.id/beasiswa-padamu-negeri/

https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/11/125039271/beasiswa-padamu-negeri-fatih-bilingual-school-tetap-hadir-di-tengah-krisis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke