KOMPAS.com - Alumnus Muda IPB University Annisa Hasanah meraih penghargaan bergengsi pemenang award SDGs & Her Competition yang digelar oleh World Bank, Rabu (30/9/2020).
Annisa mendapatkan penghargaan atas terobosan membuat permainan edukatif Ecofunopoly yang mendorong anak-anak mencintai lingkungannya.
"Merasa terapresiasi dan senang mengetahui karya saya diakui oleh lembaga sebesar World Bank lewat penghargaan ini," paparnya seperti dilansir dari laman IPB, Sabtu (3/10/2020).
Ecofunopoly pertama kali dirintis oleh Annisa saat dirinya masih duduk di bangku kuliah semester 4 di Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian pada tahun 2009. Ia merintis inovasi permainan edukatif tersebut bersama sahabatnya, Namira Andiani.
Annisa telah menjadi founder dari EcoFun Indonesia dan mampu bersaing dengan 2.400 peserta dari seluruh dunia pada ajang tersebut.
Annisa mewakili Asia Pasifik dan berhasil bersanding dengan enam pemenang lainnya yang berasal dari berbagai negara yaitu Palestina, Nigeria, Pakistan, Zambia, Yunani, dan Costa Rica.
"Dan saya juga baru tahu bahwa kompetisi ini diikuti oleh 2400 pelamar. Kadang saya merasa sumbangsih saya belum ada apa-apanya. Sering ada perasaan belum layak. Namun saya anggap ini sebagai apresiasi yang bisa saya jadikan sebagai penyemangat untuk terus berusaha dan konsisten berjuang," imbuh dia.
Annisa menjelaskan, awal mula terinspirasi membuat inovasi permainan edukasi Ecofunopoly karena tak sedikitnya perilaku buruk manusia terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarangan.
Keresahan itu mendorongnya untuk membawa isu lingkungan di kalangan generasi muda dengan metode edukasi yang mudah dan menyenangkan agar anak-anak muda lebih sadar terhadap lingkungan.
"Saya waktu kecil sering main game, hal itu membuat saya tercetus untuk membuat papan permainan. Awal mula buat game-game tersebut bukan untuk bisnis, ternyata karya ini diberi jalan untuk naik kelas ke taraf internasional. Pertama-tama saya produksi kecil-kecilan, lalu setelah itu semakin berkembang. Dan sejauh ini kita sudah berkolaborasi dengan banyak lembaga seperti IFRC, UNESCO, YSEALI, UN Volunteers," tambahnya.
Menekuni dunia usaha tentu tidak selalu mulus, Ecofun Indonesia juga merasakan dampak kerugian dengan adanya Covid-19, karena basis board game Ecofunopoly adalah permainan yang dimainkan beramai-ramai.
Namun kemudian, Annisa bersama timnya melakukan penyesuaian selama pandemi dengan beralih sebagai penyedia jasa online training dan workshop menggunakan game Ecofunopoly.
Ia berharap penghargaan internasional tersebut, menjadi momen pembuka titik cerah untuk terus melakukan pengembangan terhadap usahanya.
"Harapan dari pencapaian internasional ini, secara realistis saya berharap bisa menjaring customer dan jaringan baru yang nantinya bisa menyempurnakan bisnis ini. Kami juga berharap ini bisa menjadi momentum penting bagi sejarah usaha Ecofun Indonesia dalam mewakili dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional," tutupnya.
https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/03/092057371/rintis-mainan-edukatif-ecofunopoly-alumnus-ipb-raih-penghargaan-world-bank