Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Seperti Ini Tidur Berkualitas agar Lebih Sehat

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa maupun para pekerja tentu sering lupa dengan namanya istirahat. Jika sudah sibuk, pasti lupa beristirahat.

Padahal, istirahat itu penting bagi tubuh. Terlebih yang namanya tidur. Terkadang, perkara tidur sering disepelekan.

Perlu diketahui, setiap manusia membutuhkan waktu untuk mengembalikan fungsi normal tubuh setelah seharian beraktivitas.

Namun beberapa orang mengeluh tidak bisa tidur di malam hari, atau sengaja kurang tidur karena masih banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Atau bisa pula karena sederetan episode serial atau drama yang mengantre untuk ditonton hingga membentuk suatu kebiasaan.

Jadi, kalau bisa tidur malam jangan terlalu malam. Kalau bisa kamu harus menerapkan pola tidur yang baik dan berkualitas.

Beberapa peneliti kemudian mulai merumuskan apa yang disebut sebagai Pola Tidur Bersih atau Sleep Hygiene untuk membantu masyarakat menemui manfaat tidur berkualitas.

Seperti apa tidur berkualitas untuk kehidupan yang lebih sehat? Merangkum akun Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu, Senin (5/10/2020), 

Jadwal tidur

Tidur 7-8 jam adalah waktu tidur yang sangat disarankan untuk manusia dewasa. Karena dapat memulihkan keadaan lelah baik fisik maupun mental.

Tidur siang lebih awal atau tidak sama sekali! Tidur siang memang punya banyak manfaat namun bila dilakukan lebih akhir justru akan mengganggu siklus tidur malammu.

Usahakan selalu konsisten tidur di jam yang sama untuk membentuk inner alarm yang membantumu bangun pagi tiap harinya.

Kebiasaan makan dan minum

Hindari asupan makanan dan minuman yang dapat mengganggu tidur berkualitas seperti alkohol, nikotin (rokok), kafein (termasuk kopi, teh, minuman berenergi, soda dan coklat).

Hindari makan yang terlalu banyak maupun tidur dalam keadaan lapar.

Minum air yang cukup untuk menghindarkanmu terbangun dalam keadaan haus, namun jangan pula berlebihan agar tak perlu terbangun di tengah malam untuk ke toilet.

Aktivitas pendukung

Rutin olahraga tiap hari dapat membentuk kebiasaan tidur berkualitas, namun jangan dilakukan mendekati jam tidurmu karena akan membuat tubuhmu aktif lebih lama.

Lakukan kegiatan relaksasi seperti membaca atau mendengar musik sebelum tidur.

Sudahi pekerjaan beberapa waktu sebelum tidur dan jangan larut dalam kecemasan atau pikiran tentang pekerjaan yang dapat menunda waktu tidurmu.

Hindari beraktivitas di tempat yang terlalu terang beberapa jam sebelum waktu tidur untuk membentuk jadwal tidur-bangun alami dalam tubuh.

Lingkungan tidur

Buat kamar tidurmu bebas dari suara bising, sejuk dan gelap. Beberapa ahli merekomendasikan untuk memiliki kasur dan bantal yang nyaman serta wewangian.

Sebaiknya pisahkan pula ruang kerja dan kamar tidurmu, batasi aktivitas dalam kamar tidurmu hanya untuk tidur dan tidak untuk kegiatan lain seperti bekerja untuk menghindarkan pikiran yang tersita dan mereduksi kualitas tidurmu.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/06/120849971/mahasiswa-seperti-ini-tidur-berkualitas-agar-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke