Salin Artikel

Versi THE WUR by Subject 2021, ITS Salah Satu Kampus Terbaik Indonesia

KOMPAS.com - Salah satu kampus negeri di Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuktikan kualitasnya.

Dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) by Subject 2021 yang dirilis beberapa hari lalu, dalam perankingan tersebut ITS sebagai salah satu perguruan tinggi atau kampus terbaik Indonesia.

Menurut Manajer Senior urusan World Class University (WCU) ITS Rulli Pratiwi Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan itu yakni:

1. Computer Science

2. Engineering and Technology

3. Physical Sciences

Pada bidang Computer Science, ITS berada di peringkat 601-800 dunia dan peringkat tiga terbaik di Indonesia setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

ITS mendapat total skor 22,03 pada bidang ini. Pada kriteria:

  • Pengajaran mendapat skor 14,9
  • Penelitian mendapat skor 11,9
  • Sitasi mendapat skor 30,3
  • Pandangan Internasional mendapat skor 43
  • Pendapatan Industri mendapat skor 48,6

Sedangkan pada bidang Engineering and Technology, ITS berada di posisi 801-1.000 dunia dan peringkat lima besar di Indonesia.

Pada bidang ini, ITS mendapat torehan skor untuk kriteria:

  • Pengajaran mendapat skor 18,1
  • Penelitian mendapat skor 9,6
  • Sitasi mendapat skor 15,8
  • Pandangan Internasional mendapat skor 31,8
  • Pendapatan Industri mendapat skor 53,6

"Kriteria Pengajaran dan Reputasi Internasioal bidang Engineering and Technology mengalami kenaikan dibanding THE WUR by Subject 2020," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (30/10/2020).

Dalam kriteria penilaian, menurut Rulli, bidang Engineering and Technology dan Computer Science memiliki lima kriteria dengan persentase penilaian yang sama.

Yaitu, Pengajaran 30 persen, Penelitian 30 persen, Sitasi 27,5 persen, Pandangan Internasional 7,5 persen, dan Pendapatan Industri 5 persen.

Pada bidang Physical Science, ITS berada di peringkat 801-1.000 dunia dan peringkat tiga terbaik di Indonesia. Total skor yang diperoleh ITS adalah 16,44.

Pada bidang ini, ITS mendapat torehan skor untuk kriteria:

  • Pengajaran mendapat skor 11,4
  • Penelitian mendapat skor 9,8
  • Sitasi mendapat skor 20,4
  • Pandangan Internasional mendapat skor 32,4
  • Pendapatan Industri mendapat skor 41,4

Dikatakan, kriteria Pengajaran, Pandangan Internasional, dan Sitasi harus mendapat perhatian untuk dapat menaikkan posisi ITS di pemeringkatan selanjutnya.

"Perlu upaya dari para peneliti di ITS untuk meningkatkan kerja sama riset dan kolaborasi internasional, serta publikasi pada kategori jurnal internasional yang bereputasi untuk dapat mendongkrak sitasi," katanya.

Tak hanya itu saja, berbagai direktorat terkait juga perlu untuk bersama-sama menggerakkan roda internasionalisasi. Dengan begitu, skor di pemeringkatan selanjutnya diharapkan bisa lebih meningkat.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/01/082506571/versi-the-wur-by-subject-2021-its-salah-satu-kampus-terbaik-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.