Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak IPA Anti-mainstream, Ini Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

KOMPAS.com - Anak SMA yang mengambil jurusan IPA pasti suka dengan pelajaran eksakta. Begitu juga ketika nanti hendak kuliah, maka ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil.

Paling banyak diambil anak IPA ialah jurusan-jurusan teknik. Ada Teknik Mesin, Teknik Sipil, atau Teknik Industri.

Ada pula jurusan ilmu yang murni seperti Fisika, Biologi, dan Matematika. Tapi, jurusan lain bagi anak IPA masih banyak sekali.

Namun jika kamu suka anti-mainstream, berikut ini jurusan kuliah yang cocok bagi anak IPA berikut prospek kerja yang cerah. Informasi dirangkum dari laman Rencanamu.id.

1. Oseanografi

Jurusan Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian diaplikasikan ke banyak bidang. Seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana.

Perilaku laut memang sudah untuk diprediksi, gelombang yang tinggim tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami dan lainnya.

Meski kurang populer, tetapi jurusan ini punya peran penting. Nantinya, lulusan Oseanografi dapat bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator dan masih banyak lagi.

2. Bioinformatika

Ini adalah program studi multi disiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer, data untuk biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi.

Jurusan ini mempelajari bagaimana menggunakan ilmu komputer untuk memilah dan memahami data-data dalam jumlah besar dalam bidang biologis, genetik, ilmu dan teknologi pangan.

Karena perkembangan teknologi sangat pesat, plus meningkatnya tren bisnis di bidang Big Data, jurusan ini akan memberikan kamu peluang kerja yang cukup cerah di masa depan.

3. Food Business Technology

Jurusan ini mempelajari tentang teknik rekayasa bahan pangan, rekayasa proses pangan dan pembuatan prototipe produk pangan.

Tentu jurusan ini cocok bagi kamy yang tertarik untuk mempelajari lebih jaug mengenai teknologi pangan, tapi juga mendalami bisnis khususnya bidang Food and Beverages.

Selain kamu bisa kerja di industri F&B, kamu juga bisa mendirikan bisnis makanan atau minuman yang produksinya kamu tangani sendiri.

4. Teknik Energi Terbarukan

Saat ini, sumber energi dari alam sudah semakin menipis. Karena itu perlu energi terbarukan atau alternatif yang bisa terus diproduksi.

Prodi Teknik Energi Terbarukan hadir atas kebutuhan energi dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Misalnya dari matahari, angin, air dan panas bumi.

Tentu penggunaan sumber ini bisa mengurangi SDA fosil. Karena itu, untuk prospek karirnya ialah Ahli rekayasa energi terbarukan, ahli manajemn energi dan energi terbarukan, pelaku bisnis energi terbarukan, dan konsultan energi terbarukan.

5. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah suatu teknik terapan dalam bidang medis atau kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan materi.

Tentu yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Jurusan ini bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan berfokus pada pelayanan kesehatan.

Lulus jurusan ini bisa kerja di lembaga layanan kesehatan sebagai tenaga ahli mitra, bisa pula di bidang industri maupun bidang pendidikan.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/06/141714671/anak-ipa-anti-mainstream-ini-jurusan-kuliah-prospek-kerja-cerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke