Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jababeka Gelar Workshop Budidaya Hidroponik bagi Mahasiswa dan Pekerja Terdampak Pandemi

KOMPAS.com - Jababeka Infrastruktur, salah satu anak usaha Jababeka Group berinisiatif membuat komunitas farming bernama “Jadul” atau Jababeka Peduli dan memberikan workshop budidaya hidroponik kepada karyawan yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaannya dan mahasiswa Presiden University.

Tujuan workshop sendiri untuk mengajak para karyawan yang terdampak Covid-19 dan mahasiswa President University yang juga berada di kota Jababeka Cikarang mencoba bertani hidroponik.

Hidroponik sendiri merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

"Sayuran dan buah yang dihasilkan melalui penanaman sistem hidroponik semakin diminati masyarakat di masa pandemi ini," Diane Damayanti, advisor PT. Jababeka Infrastruktur sekaligus pembina komunitas Jadul.

Hal itu dimungkinkan, jelasnya, karena hasil melalui sistem hidroponik, seperti sayuran pakcoy, sawi, kangkung, atau selada, biasanya kualitasnya lebih bagus dan berkualitas.

"Oleh karenanya, biasanya, harga jualnya lebih mahal dan tentu bisa jadi penambah penghasilan untuk keluarga," terangnya dalam acara Penanaman 500 Benih Pakcoy di Media Kerangka Hidroponik di Asrama Mahasiswa President University, di Kota Jababeka Cikarang, Selasa, (3/11/2020)

Diana menambahkan bahwa memulai budidaya daya tanaman hidroponik tidak sulit. Para pemula pun bisa melakukan budi daya ini.

"Pertama, sistem hidroponik ini tidak butuh tanah, sehingga kita bisa menempatkan di area rumah kita yang kosong, bisa di teras atau pun rooftop. Kedua, tidak memakai pestisida sehingga bisa menghasilkan sayuran dan buah yang lebih sehat," ungkapnya.

Manfaat ketiga, lanjut Diana, sistem ini bisa dilakukan kapan saja tanpa mengenal musim. "Keempat, periode tanam lebih pendek dibanding dan pengendalian hama dan penyakit lebih muda," tambahnya.

Dengan kata lain, kata Diane, peluang berhasil menanam budidaya tanaman melalui hidroponik sangat besar. Jika seseorang menjadikan ini hobi, maka ia akan menjadi hobi yang menghasilkan. Sementara kalau mau diseriusi, budidaya tanaman hidroponik bisa menjadi profesi yang menjanjikan.

Pasalnya, menurut Diane, budidaya tanaman hidroponik memiliki potensi cukup baik sebagai tambahan penghasil saat ini. Itu dikarenakan permintaannya yang terus meningkat.

“Permintaannya, macam-macam, mulai dari restoran, pasar, sampai pasar modern. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya ke sosial media atau e-commerce,” terangnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/18/220813071/jababeka-gelar-workshop-budidaya-hidroponik-bagi-mahasiswa-dan-pekerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke