Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITB Terbaik Bidang Ilmu Komputer Versi THE WUR by Subject 2021

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan Times Higher Education (THE) telah merilis peringkat universitas-universitas di dunia tahun 2021.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat 1.000+ atau menjadi universitas terbaik kedua di Indonesia versi THE World University Rankings.

Selain pemeringkatan universitas secara keseluruhan THE WUR juga telah mengeluarkan pemeringkatan THE WUR by Subjects atau berdasarkan bidang ilmu.

Adapun rincian peringkat ITB untuk THE WUR by Subjects adalah peringkat 601+ untuk Bidang Bisnis dan Ekonomi (Business and Economics), peringkat 501-600 untuk Bidang Ilmu Komputer (Computer Science), peringkat 601-800 untuk Bidang Teknik (Engineering), peringkat 801+ untuk Bidang Ilmu Hayati (Life Sciences), dan peringkat 801-1000 untuk Bidang Ilmu Fisika (Physical Sciences).

Berdasarkan peringkat THE WUR by Subjects tersebut, ITB terbaik di Bidang Ilmu Komputer.

Sekretaris Tim Evaluasi Peringkat ITB Paramashanti, mengatakan, Times Higher Education World University Rankings (WUR) memiliki dua kategori penilaian, yakni THE (Overall) WUR dan THE WUR by Subjects.

Ia menjelaskan, terdapat 7 (tujuh) kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas agar dapat mengikuti pemeringkatan THE WUR. Ketujuh kriteria tersebut adalah:

Upaya ITB naikkan peringkat

Paramashanti mengatakan, indikator dari berbagai jenis lembaga pemeringkatan akan menjadi cermin bagi ITB untuk senantiasa melakukan upaya perbaikan.

ITB, lanjut dia, akan melakukan transformasi berkelanjutan untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu melakukan proses bisnis berkelas dunia dan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia dan dunia sebagai “a Globally Respected and Locally Relevant University”.

"Terdapat 3 (tiga) program utama yang berkaitan dengan upaya peningkatan pemeringkatan ITB, yaitu program internalisasi proses, peningkatan reputasi universitas, dan peningkatan daya saing," paparnya dilansir dari laman ITB, Minggu (22/11/2020).

Dalam upaya menjadi perguruan tinggi yang mampu melakukan proses bisnis berkelas dunia, ITB akan melakukan internalisasi proses melalui desentralisasi program, termasuk program peningkatan indikator peringkat, kepada UKA (Unit Kerja Akademik) dan UKP (Unit Kerja Pendukung) terkait, atau kepada gugus tugas baru.

Disampaikan Paramashanti, desentralisasi program juga akan diikuti dengan perbaikan proses bisnis, basis data, sistem informasi dari setiap unit dalam menjalankan program-program tersebut, serta perbaikan dalam integrasi data dan sistem informasi dalam skala institusi.

“Target capaian dari program ini adalah perbaikan kapasitas penyedia (enabling capacity),” ujar Paramashanti.

Untuk peningkatan reputasi universitas, ITB akan melakukan pengelolaan secara terinstitusi, baik untuk lingkup dan jejaring nasional, regional, dan internasional dari berbagai kegiatan akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat Indonesia dan dunia, serta inovasi yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika ITB.

“Selain untuk meningkatkan reputasi ITB, melalui program ini juga diharapkan dapat menciptakan peluang-peluang inovatif untuk membuka kerja sama dan gagasan baru,” tambahnya.

Berkaitan dengan peningkatan daya saing, ITB akan mengembangkan program pendidikan dan penelitian kolaboratif dengan profil-profil internasional, yang salah satunya akan dicapai melalui penyelenggaraan program Pendidikan Pascasarjana yang berskala internasional.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan atmosfer dan capaian pendidikan dan penelitian yang memiliki daya saing di tingkat global yang akan berkontribusi pada peningkatan international outlook dari ITB.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/22/141146371/itb-terbaik-bidang-ilmu-komputer-versi-the-wur-by-subject-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke