Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Orangtua SD Dampingi Belajar dari Rumah di TVRI, 26 November 2020

KOMPAS.com – Hari ini, Kamis (26/11/2020) siswa SD kelas 1-3 akan mengasah kemampuan numerasi, sementara siswa kelas 4-6 akan mengasah kemampuan literasi melalui program pembelajaran di TVRI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyuguhkan tayangan program Belajar dari Rumah (BDR) di TVRI sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Kemendikbud tengah merancang penyederhanaan kurikulum yang sesuai dengan konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar berjalan lebih efektif di tahun ajaran baru 2020/2021.

Sehingga, tayangan dalam program BDR tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi lebih menekankan pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter.

Agar belajar dari rumah lewat TVRI menjadi lebih bermakna, berikut panduan untuk orangtua dalam mendamping anak SD untuk hari ini, Kamis 26 November 2020:

SD Kelas 1-3

Tayangan:

Pola Gambar dan Bilangan Ratusan, pukul 08.30-09.00

Sebelum tayangan:

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orangtua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi yang diasah: Kompetensi Numerasi

1. Mengenali dan menggunakan pola serta hubungan.

2. Memperkirakan penyelesaian masalah dan menghitung jawabannya.

Pertanyaan yang diajukan:

1. Pertanyaan akhir video 1: Lengkapi pola gambar berikut!

2. Pertanyaan akhir video 2: Ari memiliki sebuah kotak berisi 12 kantong plastik masing-masing kantong berisi 10 kelereng. Di luar kotak masih ada 2 plastik lagi dengan banyak kelereng yang sama. Di tangan Ari masih ada lagi 5 kelereng. Banyak seluruh kelereng Ari adalah ...

3. Pertanyaan akhir video 3: Tentukan bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik berikut!
a. 250 + ... = 500
b. 300 + ... = 750
c. 425 + ... = 800

SD Kelas 4-6

Tayangan:

Kebugaran Jasmani, pukul 09.00-09.30

Sebelum tayangan:

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi yang diasah: Kompetensi Literasi

Memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal.

Pertanyaan yang diajukan:

1. Pertanyaan setelah video 1: Mengapa kita harus berolahraga dengan cara yang benar?

2. Pertanyaan setelah video 2: Tuliskan unsur-unsur kebugaran jasmani, lalu jelaskan manfaat setiap unsurnya!

https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/26/071953971/panduan-orangtua-sd-dampingi-belajar-dari-rumah-di-tvri-26-november-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke