Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tak bisa asal-asalan. Tentu semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat diri seseorang tersebut.

Namun bagi yang suka dengan dunia komputer dan teknologi, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa diambil. Tapi sekali lagi, jurusan itu juga harus sesuai dengan prospek kerja ke depannya.

Tak hanya itu saja, revolusi industri 4.0 juga menuntut adanya tantangan pekerjaan baru. Maka, setiap perguruan tinggi juga memiliki beberapa jurusan kuliah yang sesuai dengan tantangan tersebut.

Seperti halnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka beberapa departemen spesifik dalam rumpun keilmuan teknologi informasi dan komunikasi.

Yakni Departemen Sistem Informasi, Informatika dan Teknik Komputer. Namun banyak orang belum mengetahui perbedaan ketiga departemen tersebut.

Bagi calon mahasiswa dan tertarik di jurusan ini, maka simak perbedaan Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi.

Berbeda tapi saling melengkapi

Melansir laman ITS, ketiga departemen tersebut memiliki peran yang seimbang dalam perkembangan teknologi informasi. Spesialisasi berbeda namun saling melengkapi.

Adapun perbedaan mendasar dapat diketahui dari definisi ketiga disiplin kelimuan tersebut.

1. Departemen Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis agar menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien.

2. Departemen Informatika yang dulunya bernama Departemen Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan, dan jaringan komputernya.

3. Departemen Teknik Komputer yang dulunya Departemen Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Terkait mata kuliah

Perbedaan lain antara ketiga departemen ini, yakni pada mata kuliah yang dipelajari.

1. Untuk Departemen Sistem Informasi mempelajari sedikit perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Namun, memiliki kelebihan dalam manajemen sistem, yakni dari perancangan, penggunaan serta evaluasi.

2. Departemen Informatika sangat fokus belajar mengenai bagaimana mengoptimalkan kinerja subsistem. Untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat.

3. Departemen Teknik Komputer banyak belajar mengenai perangkat lunak dan keras. Lulusan Departemen Teknik Komputer bertugas menciptakan alat yang akan digunakan untuk berbagi informasi.

Ketiga departemen ini memiliki spesifikasi berbeda namun lulusannya tentu akan berkompetisi dan berkolaborasi pada ranah yang sama, yakni di bidang teknologi informasi.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/06/160025771/ini-bedanya-jurusan-informatika-teknik-komputer-dan-sistem-informasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke