Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemendikbud: Anak Berkebutuhan Khusus Harus Peroleh Pendidikan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan semua anak berkebutuhan khusus harus tetap memperoleh pendidikan, baik di masa pandemi Covid-19 maupun keadaan yang normal.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im dalam acara webinar dengan tema "Praktik Inspiratif dan Dukungan Kebijakan untuk Mendorong Pembelajaran Inklusif, khususnya di Masa Pandemi Covid-19", Selasa (8/12/2020).

"Kita harus menjaga proses belajar dan mengajar anak berkebutuhan khusus tetap jalan di pandemi Covid-19," kata Ainun Na'im.

Dia mengaku, Indonesia memiliki daerah yang luas dan beragam, maka dari itu harus ada inovasi yang beragam. Dengan tujuan, semua anak berkebutuhan khusus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh anak yang normal.

"Anak berkebutuhan khusus maupun anak Indonesia di wilayah negara lain, harus memperoleh fasilitas yang sama di dunia pendidikan, seperti yang diperoleh anak pada umumnya di negeri ini. Meski pengajarannya dengan pendidikan khusus," terang dia.

Pendidikan di Mesir prioritaskan kaum disabilitas

Direktur GTK Kemenag M Zain mempunyai pendapat yang sama dengan Sekjen Ainun Na'im. Menurut dia, anak berkebutuhan khusus atau kaum disabilitas harus dihormati, sehingga mereka harus mempunyai kesempatan yang sama dibidang pendidikan.

Bahkan, kata Zain, institusi pendidikan di Mesir memberi peluang besar bagi anak berkebutuhan khusus dan kaum disabilitas. Di negeri Mesir sudah menggratiskan semua strata pendidikan.

"Pendidikan di Mesir itu seperti udara, siapa saja berhak menikmati udara, dan karena menikmati udara itu gratis tanpa biaya," jelas Zain.

Tak hanya itu, ada guru-guru madrasah di beberapa daerah di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Semarang, dan Yogyakarta, yang sudah memberikan keistimewaan kepada anak berkebutuhan khusus atau kaum disabilitas.

Bisa saja, mereka tak pandai dengan ilmu matematika dan pelajaran lainnya, tapi mereka bisa memiliki kemampuan wayang. Jadi, jangan pandang mereka sebelah mata.

"Saya pikir Indonesia juga punya orang luar biasa, yakni Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur), yang mempunyai kekurangan penglihatan, tapi jadi orang besar di Indonesia," tegas dia.

Direktur Program Inovasi, Mark Heyward menambahkan, memang masa pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak besar bagi siswa yang ada di Indonesia, khususnya anak berkebutuhan khusus.

Jadi, kata Mark, semua kalangan harus mendorong bersama-sama, agar siswa dan anak berkebutuhan di Indonesia tetap mengenyam pendidikan di masa susah saat ini.

"Dengan bekerjasama agar pendidikan Indonesia semakin membaik, semua orang mendapatkan akses yang sama di dunia pendidikan, anak berkebutuhan khusus (disabilitas) mempunyai kesempatan yang sama dengan orang normal lainnya, agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia lebih unggul," pungkas Mark.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/08/144349171/kemendikbud-anak-berkebutuhan-khusus-harus-peroleh-pendidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke