Salin Artikel

HUT ke-22, Sekolah Semesta Buka Beasiswa Prestasi hingga Tahfiz

KOMPAS.com - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-22, Sekolah Semesta, Semarang - Jawa Tengah kembali menggelar Program Beasiswa Prestasi jenjang SMP dan SMA.

''Sekolah Semesta Semarang telah lama melaksanakan program beasiswa prestasi, di tengah pandemi Covid-19," jelas Kepala Sekolah Semesta Semarang, Didin Sopandi melalui rilis resmi (30/12/2020).

Program, tambah Didin, dimaksudkan memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi yang memiliki bakat di bidang akademik, olahraga, menyanyi, membaca puisi dan menghafal Alquran atau tahfidz, untuk bisa bersekolah di Sekolah Semesta.

Humas Sekolah Semesta Qarib Abi menambahkan program beasiswa ini sudah menjadi komitmen Sekolah Semesta dalam membantu memajukan pendidikan. "Setiap tahunnya sekitar 20 persen lebih didedikasikan melalui jalur beasiswa," ungkap Abi.

Selain itu, Abi menambahkan ada juga beasiswa pendidikan, yaitu beasiswa kuliah di keguruan dengan tujuan mencetak guru berkualitas.

Cakupan beasiswa

Beasiswa sebesar 50-100 persen dari biaya total selama 3 tahun termasuk biaya SPP, asrama, seragam dan Chromebook/Laptop.

Jalur beasiswa

  • Beasiswa KSN: Finalis/Peraih medali di Kompetasi Sains Nasional tahun 2019 dan 2020
  • Beasiswa KOSN: Finalis/Peraih medali di Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tahun 2019 dan 2020
  • Beasiswa Basket: Peraih medali Tingkat Provinsi/Nasional Bidang Basket
  • Beasiswa Talenta: Peraih medali Tingkat Provinsi/Nasional Bidang Seni (Puisi dan Menyanyi)
  • Beasiswa Tahfidz: Siswa/siswi yang memiliki hafalan minimal 5 Juz
  • Beasiswa Pendidikan: Beasiwa yang ditujukan bagi siswa/siswi yang ingin menjadi guru dan memiliki surat keterangan tidak mampu
  • Beasiswa SST: Beasiwa yang ditujukan bagi siswa/siswi yang lolos tes tertulis

Syarat peserta

  • Siswa/siswi kelas 6 SD atau kelas 9 SMP
  • Lolos Tes Administrasi, Tertulis dan Wawancara
  • Untuk Beasiswa KSN hanya ada Tes Wawancara

Jadwal pendaftaram

Pendaftaran online dan pengumpulan berkas pendaftaran paling lambat 15 Januari 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan: https://semestaschool.sch.id/pendaftaran-jalur-beasiswa/

"Tes seleksi administrasi dan wawancara beasiswa akan dilaksanakan secara daring, sehingga calon penerima beasiswa tidak perlu datang langsung ke Sekolah Semesta,'' jelas Didin.

"Tahun 2021 akan mengadakan lomba-lomba. Acara ini akan diadakan secara daring dari tingkat PG-TK sampai jenjang SMA untuk seluruh pelajar di Indonesia," ungkap Didin.

Ia merangkan, lomba diadakan terdiri dari lomba akademik dan non-akademik seperti Lomba poster, menyanyi, kompetisi matematika dan lomba menarik lainnya.

Didin menceritakan, Sekolah Semesta berdiri sejak tahun 1999 dan alumninya telah tersebar di berbagai daerah dengan berbagai macam pekerjaan. Salah satu alumni Ferro Ferrizka Aryananda sekarang menjabat sebagai Rektor Universitas Mahakarya Asia.

Selama masa pandemi, Didin menyampaikan pihaknya sejauh ini menerapkan pembelajaran daring dengan mengaplikasikan sistem technology integrated class yang sudah ada di sekolah Semesta sebelum pandemi terjadi.

Sistem ini memungkinkan siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun menggunakan perangkat laptop/chromebook yang telah diberikan oleh sekolah kepada setiap siswa, jelas Didin.

Didin juga mengungkapkan sekolah yang baru saja membuka cabang non asrama di daerah Candi Golf bernama Sekolah Semesta 2 ini juga memberikan fasilitas bimbingan dari divisi Guidance and Career Planner.

"Divisi ini sangat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran daring seperti saat ini. Fasilitas ini memungkinkan guru dan murid untuk dapat belajar lebih menyenangkan dan sebagai persiapan untuk masuk ke jenjang perkuliahan bagi siswa SMA," jelas Didin.

Masih terkait ulang tahun sekolah, Humas Sekolah Semesta Qarib Abi menyampaikan, "di usia yang ke-22, Sekolah Semesta ingin tetap berprestasi dan berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia dan di Kota Semarang pada khususnya dalam mencetak generasi unggul dalam iptek, bahasa dan juga karakter."

https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/30/151312671/hut-ke-22-sekolah-semesta-buka-beasiswa-prestasi-hingga-tahfiz

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.