Salin Artikel

Semester Genap, Disdik DKI Jakarta Tetap Berlakukan BDR

KOMPAS.com - Sampai saat ini, pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Setiap hari masih banyak penambahan kasus yang terjangkit virus corona.

Karena sudah memasuki Semester Genap TA 2020/2021, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta tetap memberlakukan pembelajaran dari rumah untuk seluruh sekolah di Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu diumumkan melalui akun Instagram Disdik DKI Jakarta, Minggu (3/1/2021). Ini karena Kesehatan dan keamanan peserta didik, pendidik juga tenaga kependidikan adalah prioritas utama di masa pandemi.

Meski demikian, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam mempersiapkan rencana pembelajaran tersebut.

Persiapan pembelajaran tatap muka

Untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Disdik bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dan menyiapkan laman Siap Belajar:

1. Untuk asesmen terhadap sekolah-sekolah di DKI Jakarta.

2. Setiap butir penilaian memiliki kriteria yang disesuaikan dengan standar Kemendikbud, Keputusan Kadisdik DKI Jakarta No 1130 Tahun 2020, serta pedoman yang dikeluarkan oleh UNESCO dan OECD.

3. Hasil asesmen akan dijadikan dasar menentukan sekolah-sekolah yang siap dan dapat melaksanakan pembelajaran campuran (blended learning) di DKI Jakarta.

4. Verifikasi kondisi sekolah secara langsung. Bagi sekolah yang terpilih dan menjadi sekolah model akan dilakukan pengawasan dan evaluasi.

5. Dalam penerapannya, orang tua memiliki hak penuh menentukan anaknya diberikan izin untuk mengikuti blended learning atau belajar dari rumah.

Adapun hal ini juga sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak, seperti:

1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

2. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

3. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

4. Para pakar pendidikan

5. Platform dan para mitra pendidikan

6. Orang tua

Tentu semua untuk dapat memastikan standar asesmen yang dilakukan dapat lebih akurat.

Catatan:

Blended learning adalah pembelajaran dengan mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran dari rumah.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/01/04/140408571/semester-genap-disdik-dki-jakarta-tetap-berlakukan-bdr

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.