Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati dan Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Memilih jurusan kini tak bisa dilakukan hanya karena ikut-ikutan teman. Pasalnya, pilihan jurusan akan menentukan semangat atau tidaknya kamu dalam menjalani perkuliahan.

Jauh lebih penting, jurusan yang kamu pilih akan menentukan arah karier serta prospek kerja kamu di masa depan. Sehingga, memilih jurusan untuk melanjutkan studi seharusnya dilakukan dengan cermat.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan jurusan antara lain kesesuaian dengan minat dan kemampuan, kebutuhan dana, dan tak lupa prospek kerja.

Merangkum laman Pintek.id, Rabu (27/1/2021), ada sejumlah jurusan yang diminati pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Untuk menambah wawasan kamu, inilah daftarnya sekaligus peluang karier yang relevan:

Jurusan IPA (Saintek)

1. Kedokteran (Pendidikan Dokter)

Dari tahun ke tahun jurusan ini selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi.

Persyaratan untuk kuliah di FK adalah memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Peluang karier jurusan ini adalah sebagai dokter di rumah sakit, klinik, atau membuka praktik, bekerja di perusahaan kesehatan, tenaga pengajar, dan lain-lain.

2. Agroteknologi

Di posisi kedua jurusan yang paling banyak diminati di SBMPTN adalah Agroteknologi yang kerap terdengar masih asing di telinga.

Bidang tersebut berkaitan dengan produksi pertanian yang melibatkan teknologi canggih agar lebih efisien.

Di sini kamu akan belajar tentang tumbuhan budidaya, pengelolaan lahan, hama, sampai ekosistem. Tujuannya adalah agar mengoptimalkan sektor pertanian untuk menghasilkan produk unggul.

Pilihan karier yang dapat kamu tekuni adalah surveyor lahan, menjadi petani modern, ahli bioteknologi, atau dosen.

3. Kesehatan Masyarakat

Inilah jurusan yang paling dibutuhkan lima tahun ke depan atau bahkan hingga puluhan tahun ke depan.

Jika kamu memutuskan untuk terjun pada bidang ini, kamu akan bergulat dengan ilmu yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan publik.

Tidak hanya menekuni bidang medis, kamu juga akan belajar metode mewujudkan tingkat kesehatan masyarakat sesuai standar yang ditetapkan.

Inilah sebabnya kamu juga perlu mempelajari kondisi sosial dan budaya untuk melakukan pengorganisasian dengan pendekatan yang tepat.

Para alumnus jurusan ini dapat berkarier di rumah sakit, sebagai konsultan K3 di perusahaan, penyuluh kesehatan, pengajar, atau peneliti.

4. Teknik Kimia

Tujuan utama studi Teknik Kimia adalah untuk menciptakan suatu produk dengan bernilai jual tinggi dengan suatu rekayasa kimia sedemikian rupa. Jadi, Prodi Teknik Kimia ini merupakan terapan dari bidang kimia murni.

Mahasiswa Teknik Kimia akan banyak berhubungan dengan rancangan molekular, bahan-bahan sintetis, dan sejenisnya.

Kamu juga bisa berkontribusi untuk membuat bumi ini tetap lestari dengan mendesain produk yang murah, dibutuhkan, tetapi ramah lingkungan.

Mereka yang sudah lulus dapat bekerja pada industri migas, menjadi staf pengajar, atau berkecimpung di bidang Engineering, Procurement, Construction, & Commissioning (EPCC).

5. Peternakan

Sesuai namanya, salah satu jurusan paling diminati 2020 ini mempelajari berbagai keilmuan yang berkaitan dengan budidaya hewan ternak, antara lain teknologi produksi, pengolahan hasil, manajemen, pakan, dan lain-lain.

Para alumnus dapat berkontribusi pada industri pakan, dinas peternakan, pengolahan limbah ternak, atau berwirausaha peternakan.

Jurusan IPS (Soshum)

6. Hukum

Pada jurusan ini kamu akan berkutat dengan keilmuan yang berhubungan dengan tata aturan resmi negara dan wajib dipatuhi masyarakat.

Mahasiswa Hukum harus memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menganalisis tulisan, argumen, pernyataan, dan opini.

Dalam praktiknya nanti kamu juga harus mempunyai keterampilan membaca, menulis, dan membuat argumen berlandaskan hukum.

Peluang kerja dalam bidang ini cukup luas, mulai dari advokat, tentunya setelah lulus pendidikan khusus, jaksa, serta hakim. Kamu juga dapat berkarier pada korporasi negeri atau swasta sebagai konsultan hukum serta HRD.

7. Komunikasi

Komunikasi adalah jurusan yang paling diminati dan peluang kerjanya besar pada bidang soshum. Pada jurusan ini kamu bisa memilih konsentrasi sesuai minat, seperti Public Relation, Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya.

Selain bekerja di berbagai media penyiaran, kamu juga berkesempatan berkarier sebagai humas di perusahaan atau instansi pemerintah.

8. Manajemen

Bidang ini mempelajari pengorganisasian aktivitas perusahaan atau korporasi, instansi, lembaga, dan sejenisnya.

Seorang manajer bertugas untuk merancang dan memastikan roda perusahaan berjalan dengan lancar untuk mencapai tujuan.

Dalam menetapkan suatu kebijakan, manajemen perusahaan harus memperhatikan berbagai faktor, mulai dari ketenagakerjaan, produksi, marketing, strategi usaha, dan sebagainya.

Peluang pekerjaan yang dapat ditekuni adalah staf HRD, bagian operasional perusahaan, konsultan bisnis, atau konsultan keuangan.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/01/27/153713571/8-jurusan-kuliah-yang-banyak-diminati-dan-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke