Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stikes Bethesda: Satgas Covid-19 Tingkat RT Perlu Dibentuk, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Dalam penanganan pandemi Covid-19 perlu sinergitas berbagai pihak. Agar penanganan warga terkonfirmasi positif bisa cepat, satuan tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19 berbasis masyarakat juga harus dibentuk.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DIY Rani Ayuhapsari mengatakan, beberapa orang menganggap saat terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan sebuah aib dan menyembunyikannya.

Menurut Rani, jika satgas tingkat RT terbentuk, koordinasi dengan satgas di tingkat atas akan lebih cepat.

"Satgas di tingkat RT ini penting karena semakin kecil lingkungan yang kita dampingi semakin mudah dikendalikan penanganan Covid-19. Ketua RT memilih warga terbaiknya untuk berpartipasi dalam satgas RT," kata Rani dalam Pelatihan Penguatan Satgas RT Dalam Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Berbasis Masyarakat untuk Mendukung Sistem Kesehatan Masyarakat yang diadakan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta secara daring, Rabu (3/2/2021).

Satgas RT lebih mengenal warganya

Satgas tingkat RT dinilai efektif karena mereka lebih mengenal warga di lingkungannya. Sehingga ketika ada yang terkonfirmasi positif, bisa segera bertindak.

Ada beberapa bidang dalam satgas RT. Seperti tugas dalam melakukan tracing kontak erat orang-orang di lingkungan tersebut.

"Jika ada warga yang harus melakukan isolasi mandiri, satgas RT juga bisa membantu dalam hal logistik dan psikososial bagi warga tersebut," urai Rani.

Selain itu juga dibutuhkan bidang disinfektan dan informasi serta edukasi. Dalam hal ini, anggota Karang Taruna juga bisa dilibatkan untuk membuat informasi terkait pencegahan Covid-19.

"Kalangan anak-anak muda juga bisa menjadi garda terdepan dan menjadi bagian dari satgas RT," imbuh Rani.

Satgas RT bisa cepat lakukan lokalisir

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan DIY Muchamad Agus Priyanto menambahkan, saat ini pihaknya menggencarkan program 'Ayo Gawe Jogja Zona Hijau'.

Agus mengungkapkan, status penularan Covid-19 di DIY sangat berubah 4 hingga 5 bulan terakhir. Bahkan DIY sempat dominan dengan status zona merah.

Oleh karena itu dengan adanya satgas tingkat RT bisa cepat dalam melakukan lokalisir jika ada satu warganya yang terkonfirmasi positif.

"Jika ada yang terkonfirmasi positif, kecepatan sangat dibutuhkan untuk melakukan screening dan lokalisir," urai Agus.

Satgas tingkat RT akan sangat berperan jika ada warganya yang melakukan isolasi mandiri dan berstatus pekerja informal.

Sehingga satgas RT bisa berkoordinasi dengan satgas di atasnya hingga ke Dinas Sosial untuk pemenuhan kebutuhan warga tersebut.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/03/142108671/stikes-bethesda-satgas-covid-19-tingkat-rt-perlu-dibentuk-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke