Salin Artikel

Ini Dia 5 Tips Optimalkan Kuliah Online

KOMPAS.com - Kuliah online saat ini menjadi rutinitas baru bagi para mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Meski semuanya bisa diatasi dengan kecanggihan teknologi, namun perkuliahan online ini kadang masih menimbulkan kendala.

Adanya imbauan dari pemerintah untuk menerapkan physical distancing membuat beberapa kegiatan termasuk perkuliahan harus dilakukan di rumah.

Meskipun banyak kelebihan dari perkuliahan online, ada pula beberapa hambatan yang harus dihadapi. Mulai dari kendala teknis yang menyebabkan dosen dan mahasiswa miskomunikasi. Belum lagi akses internet yang berbeda-beda di tiap kota.

Mengutip laman iteba.ac.id, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kuliah online. Meski di rumah saja, para mahasiswa tetap menjadi generasi muda yang berprestasi dan produktif. 

1. Hadir tepat waktu

Menjadi mahasiswa aktif dalam kuliah daring adalah salah satu tips sukses kuliah online. Perkuliahan online tentunya menghemat waktu karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan menuju kampus.

Namun di sisi lain, mahasiswa juga dituntut agar bisa bertanggungjawab dengan fleksibilitas waktu selama kuliah daring.

Salah satu bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan adalah hadir dan tiba di ruang kelas virtual tepat waktu.

Jika berhasil menerapkan hal ini selama perkuliahan daring, tentu akan lebih diapresiasi oleh dosen. Selain itu, mahasiswa juga jangan ragu untuk bertanya terutama jika masih ada materi yang belum dipahami.

2. Jangan menunda tugas

Jangan menunda pekerjaan bukan menjadi persoalan sulit asal punya niat dan tekad. Sehingga menunda tugas saat pandemi harus dihindari agar tugas-tugas lainnya tidak menumpuk.

Jika memungkinkan, kerjakan tugas atau ulangi materi kuliah di awal hari karena pagi hari merupakan waktu yang terbaik untuk mengingat fakta dan angka.

3. Ciptakan suasana kuliah yang baik

Membangun suasana yang baik untuk kuliah online akan meningkatkan mood belajar. Meskipun tidak perlu datang ke kampus, tapi saat mengikuti kuliah online, mahasiswa tetap harus mengenakan pakaian rapi dan bersih.

Dengan melakukan hal ini, bisa membangun suasana yang baik dan meningkatkan semangat belajar seperti saat kuliah datang ke kampus. Keinginan untuk belajar menjadi lebih positif dan pikiran pun dapat terbuka lebar.

4. Cari ruang belajar yang nyaman

Ruang belajar yang nyaman dapat membantu lebih berkonsentrasi saat mengikuti kuliah daring.

Jika mengikuti perkuliahan di tempat yang kurang nyaman tentu hal ini menyebabkan sulit berkonsentrasi saat dosen menyampaikan materi. Mencari ruangan yang tenang agar kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tanpa distraksi.

5. Beradaptasi dengan kuliah daring

Perkuliahan online yang sudah berlangsung berbulan-bulan ini menuntut mahasiswa dan dosen terus beradaptasi.

Cara kuliah online tentu lebih fleksibel dibandingkan kuliah dengan cara tatap muka. Hal itu menuntut mahasiswa dan dosen untuk terus beradaptasi dengan sistem dan kebiasaan-kebiasaan baru dalam perkuliahan daring.

Suka duka kuliah online

Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jurusan Keperawatan Elviana Wijayanti mengungkapkan suka dukanya selama mengikuti kuliah online.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah jaringan internet yang timbul tenggelam di rumahnya yang berada di Prambanan, Sleman, DIY. Selain itu kuota internet yang dikeluarkan selama kuliah daring juga cukup membengkak.

"Saya pernah miskom dengan dosen, terlebih saat memberikan tugas. Miskom dengan teman juga beberapa kali terjadi," beber Elviana kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Namun di sisi lain, kuliah online ini juga membawa fleksibilitas waktu baginya. Apalagi Elvi merupakan mahasiswa yang aktif di organisasi dan di luar kampus.

"Karena mobilitasnya tinggi, kadang ikut kuliah di rumah teman atau di masjid. Yang penting kemana-mana bawa laptop," tutur Elviana.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/03/191642771/ini-dia-5-tips-optimalkan-kuliah-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.