Salin Artikel

Tetap Bertahan di Tengah Pandemi, UMY Adakan UMKM Expo Virtual

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, salah satu sektor yang terguncang cukup hebat yakni UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Namun banyak pihak menilai bahwa para pelaku UMKM tetap bisa bertahan dalam kondisi pandemi ini.

Selama ini UMKM menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Namun keberadaan pelaku UMKM juga membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

Tak hanya suntikan modal dari pemerintah yang diperlukan pelaku UMKM tapi juga pengetahuan-pengetahuan baru yang dimiliki institusi lain seperti perguruan tinggi.

Dalam hal ini perguruan tinggi juga perlu memberikan kontribusi terhadap keberadaan UMKM.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menunjukkan dukungannya melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dikhususkan untuk membantu atau mendampingi para pelaku UMKM.

Tingkatkan kemampuan pengemasan hingga pemasaran

Puncak dari program KKN ini dengan diadakannya UMKM Expo Virtual 2021 yang dilaksanakan selama 4 hari mulai Sabtu (13/2/2021) hingga Selasa (16/2/2021).

Masyarakat bisa melihat sejumlah produk seperti kuliner, fashion dan handycraft dari DIY dan Jawa Tengah secara online.

Menurut Kepala Divisi KKN, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY Aris Slamet Widodo, penyelenggaraan UMKM EXPO dengan tema Kreativitas Lokal Menuju Pasar Global ini bertujuan memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mulai dari pengemasan hingga pemasaran.

"Harapan kami juga, dengan diadakannya expo ini dapat meningkatkan pemasaran karena dapat menjadi ajang promosi," kata Aris seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (15/2/2021).

Selain itu melalui UMKM Expo 2021 ini, bisa memperluas jaringan perdagangan karena diikuti oleh ratusan UMKM dari DIY dan Jawa Tengah. "Expo ini merupakan tempat yang baik dan tepat untuk bersilaturahmi," imbuhnya.

Dukung UMKM bertahan di tengah pandemi

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto menambahkan, bahwa para pelaku UMKM ini merupakan pejuang ekonomi bahkan pada kondisi terburuk seperti pada tahun 1998 lalu saat terjadi krisis moneter.

"Tangan dingin para mahasiswa UMY yang terus bergerak untuk melakukan pengabdian di tengah pandemi, merupakan sebuah hal yang membanggakan," urai Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, melalui kegiatan ini juga bisa menjadi bukti nyata bahwa para pejuang UMKM dapat memberikan sesuatu yang membanggakan bagi bangsa.

Gunawan juga mengapresiasi divisi pengabdian masyarakat UMY yang terus melakukan kegiatan di tengah pandemi Covid-19. "Kita berharap melalui aktivitas virtual expo ini tetap bisa meningkatkan gairah bekerja agar meningkatkan omzet dan mengembangkan ekonomi yang ada di lingkungan kita," ungkap Gunawan.

Puncak dari program KKN ini diadakannya UMKM Expo 2021 yang dilaksanakan secara virtual atau daring melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Dalam talkshow daring ini turut hadir Rektor UMY Gunawan Budiyanto, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, serta H. Herry Zudianto selaku Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah, sebagai narasumber talkshow.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/16/140437971/tetap-bertahan-di-tengah-pandemi-umy-adakan-umkm-expo-virtual

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.