Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Sukses Berkarier bagi "Fresh Graduate" ala Alumni UGM

KOMPAS.com - Setiap tahun, ada ratusan mahasiswa yang menyelesaikan kuliah dan menjadi lulusan baru. Langsung bisa terserap di dunia kerja, menjadi salah satu impian sebagai fresh graduate.

Agar pencarian kerja menjadi lebih mulus, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan perlu menjadi fokus bagi para fresh graduate.

Hal ini disampaikan CEO PT. Kilang Pertamina International Ir. Ignatius Talluembang kepada ribuan calon wisudawan program sarjana dan diploma Universitas Gadjah Mada (UGM) periode Februari 2021 yang dilakukan secara daring.

Menurut alumnus Fakultas Teknik UGM ini, ada 4 hal yang harus dimiliki fresh graduate saat untuk bisa sukses memulai karier.

1. Passion

Ignatius mengatakan, hal pertama yang harus dimiliki seorang fresh graduate yaitu passion atau minat. Menurutnya, minat akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai di dunia kerja.

2.Terus berlatih

Poin kedua yang disampaikan Ignatius yakni harus terus berlatih. Baik terkait cara kerja, menghadapi maupun menyelesaikan persoalan di dunia kerja.

Selain itu fresh graduate juga perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja dan meningkatkan pencapaian.

3. Punya visi

Dalam kesempatan itu Ignatius juga menyampaikan agar para fresh graduate memiliki harapan dan visi saat bekerja. Ignatius menerangkan, melalui harapan inilah akan memunculkan energi atau semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.

4. Punya tujuan

Ignatius mengungkapkan, dalam menapaki dunia kerja, fresh graduate harus punya tujuan.

"Keempat hal ini harus bisa direnungkan agar nantinya bisa menjadi yang terbaik dan mendapatkan karier puncak saat memasuki dunia pekerjaan,” papar Ignatius.

5. Spirit CIPS

Ignatius turut membagikan hal yang selalu ditanamkan dalam hidupnya yaitu spirit CIPS. Semangat yang merupakan singkatan dari Change, Innovation, Professional, dan Speed tersebut mendorongnya dalam mencapai kesuksesan dalam berkarier.

"Manusia perlu melakukan perubahan mengikuti dunia yang terus berubah dan berkembang begitu cepat," urai Ignatius.

Hal tersebut juga terjadi saat bekerja. Pekerja juga dituntut untuk bisa melakukan perubahan agar dapat memberikan hasil yang lebih baik.

“Kalau bekerja dengan cara yang sama maka hasilnya juga akan sama. Untuk itu perlu perubahan baik cara kerja, prosedur, teknologi, kecepatan dan lainnya agar hasilnya lebih baik, produktivitas berlipat,” kata Ignatius.

Melakukan inovasi merupakan hal yang tak kalah penting. Dengan adanya inovasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing.

Seorang fresh graduate juga harus bersikap profesional. Dalam bekerja dituntut untuk profesional baik dari sisi kompetensi maupun integritas. “Kompetensi dan integritas menjadikan suatu profesionalisme yang harus dibangun agar menjadi yang terbaik,” ucapnya.

Terakhir, kecepatan menjadi komponen yang juga perlu diperhatikan dalam bekerja. Hindari kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu juga.

Dalam kesempatan itu turut hadir Kepala Badan Standardisasi Nasional Drs. Kukuh Syaefudin Achmad. Ia menyampaikan sejumlah kiat sukses dalam meniti karier di awal memasuki dunia kerja. “Yang umumnya memenangkan persaingan adalah yang punya informasi lebih banyak atau lebih dulu. Ini jadi modal yang sangat berharga,” jelas Kukuh.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/17/150630871/5-tips-sukses-berkarier-bagi-fresh-graduate-ala-alumni-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke