Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pola Hidup Sehat dengan Permainan Ular Tangga ala Mahasiswa UAD

KOMPAS.com - Menjaga pola hidup sehat merupakan modal utama untuk menjaga kesehatan seseorang. Jika asupan makan tidak bagus ditambah perilaku yang jauh dari sehat, tentu lambat laun akan berdampak pada tubuh.

Bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat dianggap suatu hal yang sulit dilakukan. Padahal pola hidup sehat sangat penting dilakukan oleh seseorang. Misalnya, makan dengan menu yang sehat dan gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta menghindari stres.

Berangkat dari permasalahan ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Muhammad Sinung Rahmat Akbar Syah membuat cara menyenangkan untuk melakukan pola hidup sehat menggunakan permainan ular tangga.

Sebagai media bimbingan dan konseling

Melansir laman uad.ac.id, Sinung mengungkapkan awal mula dibuatnya konsep permainan ular tangga ini. Dia membuat permainan ular tangga sebagai media bimbingan dan konseling.

Menurut Sinung, metode ini seperti permainan ular tangga pada umumnya. Sinung mendesain dengan warna-warni cerah agar menarik untuk dimainkan.

Baik secara kelompok besar maupun kelompok kecil yang melibatkan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

"Media ular tangga yang saya buat ini sengaja saya desain dengan warna yang cerah agar menarik peserta didik. Selain itu, tujuan dari ular tangga yaitu meningkatkan kualitas layanan BK agar lebih kreatif dan inovatif," papar Sinung seperti dikutip laman uad.ac.id, Sabtu (20/2/2021).

Sinung mengungkapkan, pada umumnya, bimbingan dan konseling yang disampaikan dengan media menarik akan lebih lama diingat oleh peserta didik.

Juara 3 lomba inovasi media Bimbingan Konseling

Permainan ular tangga untuk menerapkan pola hidup sehat ini dibuat Sinung dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

Tak tanggung-tanggung, inovasi yang dilakukan Sinung berhasil meraih juara 3 Lomba Inovasi Media BK Kategori Mahasiswa.

Media permainan ular tangga ini memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam merancang pola hidup sehat serta mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa dimanfaatkan guru BK

Sinung menambahkan, saat menggunakan media ini, permainan ular tangga dilengkapi dengan kartu yang berisi materi berupa pertanyaan dan perintah tentang pola hidup sehat. Dengan metode ini, diharapkan penerapan pola hidup sehat yang dilakukan peserta didik dapat berjalan dengan efektif.

"Tujuannya agar pelaksanaan layanan BK dapat tercapai," tandas Sinung.

Sinung mengungkapkan, media permainan ular tangga pola hidup sehat dapat dimanfaatkan oleh guru BK agar layanan BK dapat terlaksana dengan efektif.

"Permainan ini pun dapat digunakan oleh guru pelajaran lain dalam melatih peserta didik dalam mengatur pola hidup sehat," tutup Sinung.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/20/090152971/pola-hidup-sehat-dengan-permainan-ular-tangga-ala-mahasiswa-uad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke