Salin Artikel

Tak Melulu Jadi Apoteker, Berikut Prospek Kerja Prodi Farmasi

KOMPAS.com - Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 ditutup tanggal 24 Februari mendatang. Pasti banyak dari calon mahasiswa baru yang memilih program studi (prodi) Farmasi.

Prodi ini banyak dipilih bagi kalian yang semasa SMA menyukai ilmu kimia dan kesehatan. Bahkan di banyak perguruan tinggi, prodi Farmasi menjadi salah satu prodi favorit selain Kedokteran.

Sebelum menekuni prodi Farmasi, ada baiknya kalian mengenali lingkup belajar beserta prospek kariernya.

Melansir laman Kagama.co, ada beberapa prospek kerja yang bisa ditekuni kalian lulusan Farmasi. Tentunya prospek kerja lulusan Farmasi bisa mengantarkan kalian ke jalan karier yang sukses.

Menekuni prodi Farmasi, banyak mengkombinasikan ilmu kimia dan kesehatan, serta menjaga keamanan efektivitas penggunaan suatu produk. Dalam pengaplikasian ilmunya, mahasiswa Farmasi juga dituntut untuk bisa melakukan praktik farmasi tradisional hingga modern.

Banyak orang menganggap jika lulusan Farmasi hanya berhubungan dengan obat-obatan saja. Padahal, bidang Farmasi juga berhubungan dengan makanan dan kosmetik.

Sebagian lulusan Farmasi ada yang menekuni profesi sebagai apoteker. Namun untuk menjadi apoteker, setelah lulus harus diwajibkan untuk mengikuti pendidikan profesi selama satu tahun.

Prospek kerja Farmasi tidak hanya sebatas bekerja di lembaga kesehatan saja. Karena faktanya, cakupan wilayah kerja lulusan Farmasi cukup luas, antara lain sebagai berikut:

Industri di perusahaan

Jika kalian memiliki ketertarikan dalam hal pembuatan formula dan teknik pembuatan hingga penentuan bahan baku suatu produk, Farmasi industri bisa menjadi bidang pekerjaan yang cocok.

Dalam bidang pekerjaan ini, biasanya akan ditempatkan pada posisi research and development. Dalam hal ini, pengembangan produk dilakukan mulai dari skala laboratorium hingga produksi.

Bahkan saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Farmasi. Terutama perusahaan yang bergerak di bidang makanan, kosmetik, dan obat-obatan.

Peluang kerja lulusan Farmasi pun terbuka lebar di sektor ini.

Apotek, rumah sakit, dan laboratorium klinik

Setelah lulus mengikuti pendidikan profesi, kalian bisa melamar di apotek, rumah sakit, maupun laboratorium klinik. Sektor ini merupakan bidang utama yang disasar oleh lulusan Farmasi.

Saat bekerja di bidang ini, sebagai lulusan Farmasi, resmi berprofesi sebagai apoteker. Bahkan jika punya kinerja yang baik, kalian juga bisa berkesempatan membuka apotek sendiri.

Peneliti farmasi

Selain di industri dan lembaga kesehatan, lulusan Farmasi juga diharapkan dapat membantu pengembangan ilmu Farmasi.

Potensi tanaman obat yang melimpah di Indonesia, perlu menjadi kajian penelitian, supaya ke depannya bisa dikembangkan dan dapat dimanfaatkan.

Jika bercita-cita kalian ingin menjadi peneliti Farmasi, kalian bisa bekerja di LIPI.

Tenaga pengajar

Hampir semua bidang keilmuan memberi kesempatan berkarier menjadi tenaga pengajar.

Banyaknya minat calon mahasiswa baru memilih Prodi Farmasi, tenaga pengajar yang dibutuhkan di perguruan tinggi pun semakin banyak.

Saat menjadi tenaga pengajar, hal ini menjadi kesempatan besar kalian untuk mengembangkan ilmu. Kalian juga punya peran besar dalam penciptaan lulusan Farmasi yang berkualitas.

Lembaga pemerintahan

Sebagian besar lulusan perguruan tinggi diajak untuk bekerja di lembaga pemerintahan, tak terkecuali lulusan Jurusan Farmasi. Kebanyakan lulusan Farmasi bekerja di BPOM.

Hampir sama di bidang kerja Farmasi industri, bekerja di BPOM, akan memiliki tugas untuk menyusun regulasi terkait peraturan penggunaan obat. Serta menerapkan fungsi pengawasan obat, makanan, dan kosmetik yang beredar di masyarakat.

Nah itu prospek kerja jika kalian sudah memilih atau berminat menempuh pendidikan di Farmasi. Selain memiliki jenjang karier yang cemerlang, tentunya prospek kerja ini membuat kalian bisa mengembangkan diri lagi.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/21/145341971/tak-melulu-jadi-apoteker-berikut-prospek-kerja-prodi-farmasi

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.