Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Cegah Obesitas pada Anak

KOMPAS.com - Seringkali, kita melihat ada anak balita yang bertubuh padat dan gempal. Karena saking gemasnya, kita langsung reflek untuk mencubit lembut pipi lucu si anak.

Tetapi, apakah Anda paham bahwa anak dengan berat badan berlebih itu tidak selamanya dikatakan sehat. Lantas, seperti apa anak yang sehat itu?

Seperti disampaikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa anak dengan berat badan berlebih ternyata memiliki potensi lebih besar mengalami obesitas.

Untuk itu sebagai orang tua, sudah sewajarnya kita benar-benar mengawasi pola makan dan tumbuh kembang anak, agar memiliki berat badan yang ideal.

Jika anak memiliki kelebihan berat di sepanjang usia anak-anak hingga remaja, maka memiliki kecenderungan depresi lebih besar, jantung koroner, asma dan lainnya.

Kenaikan dramatis obesitas pada anak, selain faktor biologis biasanya disebabkan beberapa faktor, seperti:

  • kurangnya aktivitas fisik
  • menghabiskan waktu menonton TV
  • bermain gawai
  • tidak membatasi jumlah makan pada anak

Karena itu, agar anak tidak mengalami obesitas, berikut 4 tips cegah obesitas pada anak. Informasi dirangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, Kamis (25/2/2021).

1. Mencari informasi yang lengkap tentang nutrisi untuk anak

Orang tua tentu harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anak. Serta porsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

2. Membatasi bermain gawai, komputer, hingga menonton TV

Menonton TV di jam makan berkorelasi meningkatnya obesitas pada anak.

Karena anak akan lebih suka makan camilan dan kudapan. Selain itu bermain gawai dan menonton tv membuat tubuh tidak aktif.

3. Ajaklah anak Anda bermain sambil memasak

Dengan aktivitas memasak, dapat menjadi cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak, untuk memberitahukan contoh makanan sehat dan nutrisinya.

Bahkan dengan cara tersebut merupakan suatu sarana mengintegrasikan pembelajaran bermuatan STEAM pada anak.

4. Menyempatkan bermain sambil berolahraga bersama anak

Untuk merangsang anak lebih aktif, Ayah dan Bunda dapat mengajak anak bermain dengan aktivitas fisik. Seperti lompat tali, mengayuh sepeda, menari dan lain sebagainya.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/27/162222071/4-tips-cegah-obesitas-pada-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke