Salin Artikel

Mahasiswa, Manfaatkan 8 Kegiatan Pembelajaran Kampus Merdeka

KOMPAS.com - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa.

Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan memperoleh pengetahuan tidak hanya dari bangku perkuliahan saja. Tapi juga dari beberapa program yang bisa dilakukan di luar kampus.

Belum tahu apa saja sih kegiatan pembelajaran dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka? Yuk kita simak bersama ulasan ini.

Merangkum akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (@ditjen.dikti), ada 8 kegiatan dalam MBKM.

1. Pertukaran pelajar

Beberapa bentuk kegiatan belajar yang bisa dilakukan dalam kerangka pertukaran belajar adalah pertukaran pelajar antarprogram studi pada perguruan tinggi yang sama.

Selain itu ada program pertukaran pelajar dalam program studi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda. Ada juga pertukaran pelajar antarprogram studi pada perguruan tinggi yang berbeda.

2. Magang atau praktik kerja

Melalui progam ini, mahasiswa punya kesempatan merasakan pengalaman terjun langsung di dunia kerja. Secara umum penyetaraan bobot kegiatan magang atau praktik kerja dapat dikelompokkan menjadi 2 bentuk yaitu bentuk bebas (free form). Kegiatan ini disetarakan dengan 20 SKS tanpa penyetaraan daengan mata kuliah.

Ada juga bentuk berstruktur (structured form). Kegiatan ini disetarakan dengan 20 SKS beserta penyetaraan dengan mata kuliah yang kompetensinya sejalan dengan kegiatan magang.

3. Asisten mengajar di satuan pendidikan

Jika kalian punya minat di dunia mengajar, program ini bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar bisa dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan. 

Baik itu di sekolah dasar, menengah maupun atas. Sekolah tempat praktik mengajar bisa berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.

4. Penelitian atau riset

Kegiatan yang satu ini terus didorong agar dilakukan di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan penelitian atau riset ini dapat dilakukan mahasiswa di lembaga riset atau pusat studi.

Dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan lebih mendalami, memahami dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik.

5. Proyek kemanusiaan

Dalam proyek kemanusiaan, mahasiswa yang memiliki jiwa muda, kompetensi ilmu dan minat sosial tinggi dapat menjadi 'foot soldiers' dalam proyek-proyek kemanusiaan dan pembangunan lainnya di Indonesia maupun luar negeri.

6. Kegiatan wirausaha

Kegiataan ini bisa benar-benar dimanfaatkan bagi mahasiswa yang punya minat di dunia wirausaha.

Melalui program ini mereka bisa mengembangkan usahanya dan menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana.

7. Studi atau proyek independen

Ekuivalensi kegiatan studi independen ke dalam mata kuliah dihitung berdasarkan kontribusi dan peran mahasiswa yang dibuktikan dalam aktivitas di bawah koordinasi dosen pembimbing.

8. Membangun desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT)

Selama masa pandemi ini, mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi tetap melakukan kegiatan KKN.

Terdapat beberapa model dari KKNT dalam program Kampus Merdeka. Yaitu KKNT yang diperpanjang, KKNT pembangunan dan pemberdayaan desa, KKNT mengajar di desa dan KKNT free form.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/03/06/112726971/mahasiswa-manfaatkan-8-kegiatan-pembelajaran-kampus-merdeka

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.