Salin Artikel

Dampingi Perkembangan Remaja agar Berkepribadian Matang

KOMPAS.com - Sosok guru, selain memberikan pengetahuan akademik, juga membangun karakter siswa didiknya.

Bagi siswa berusia remaja, seperti yang duduk di bangku sekolah menengah dan atas, membekali mereka tentang perkembangan remaja.

Mengutip akun Instagram Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (gtkdikmendiksus), ada beberapa hal yang guru harus tahu terkait tugas perkembangan remaja.

1. Mencapai hubungan baru dan lebih matang dengan tema sebaya laki-laki dan perempuan.

2. Mencapai peran sosial laki-laki dan perempuan.

3. Menerima keadaan fisik.

4. Mengharapkan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggungjawab.

5. Mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya.

6. Memperoleh perangkat nilai dan sistem etis sebagai pegangan untuk berperilaku mengembangkan ideologi.

7. Mempersiapkan perkawinan dan keluarga.

8. Mempersiapkan karier ekonomi.

"Tugas perkembangan remaja identik dengan tugas membangun kemandirian individu di kemudian hari. Butuh arahan guru dan orangtua agar nantinya anak mampu mengelola dirinya. Masa transisi dari ketidakmandirian di masa anak-anak  menuju kemandirian yang lebih dewasa," tulis admin gtkdikmendiksus.

Materi disampaikan secara bertingkat

Terkait pendampingan siswa berusia remaja, guru Bimbingan Konseling (BK) SMAN 6 Yogyakarta Redita Yuliawanti mengatakan, penjelasan soal perkembangan remaja di tingkat SMA diberikan dalam beberapa tingkatan.

Redita menerangkan, dalam poin mempersiapkan pernikahan dan keluarga ini tidak langsung menyinggung hal itu. Tetapi, didesain secara bertingkat.

Untuk kelas 10 materi yang disampaikan tentang mengenal lawan jenis. Kelas 11 diberikan meteri soal etika sosialisasi dengan teman sebaya. Sedangkan untuk siswa kelas 12, diberi materi tentang memilih calon untuk masa depan.

"Materi ini penting disampaikan ke siswa. Termasuk menyinggung pergaulan remaja saat ini. Baik dari sisi positif dan negatifnya," kata Redita kepada Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Siapkan siswa dengan kepribadian yang matang

Melalui beberapa materi tersebut, lanjut Redita, diharapkan siswa tidak terjerumus dalam pergaulan lawan jenis yang membahayakan. "Jadi siswa punya batasan tentang pergaulan yang sehat," tandas Redita.

Menurut Redita, materi soal perkembangan remaja ini seharusnya sudah menjadi kewajiban di tiap sekolah. Hanya saja kebutuhan dan kondisi remaja di masing-masing sekolah berbeda-beda. Sehingga kadang tidak menjadi prioritas penanganan.

"Sedangkan di SMAN 6 Yogya, sebisa mungkin aspek pelayanan pribadi, sosial, karier dan akademis tersampaikan meski porsinya berbeda-beda," imbuh Redita.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/03/11/093000571/dampingi-perkembangan-remaja-agar-berkepribadian-matang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.