Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Keuntungan Membaca Dongeng bagi Anak

KOMPAS.com - Mengajarkan anak-anak agar mengerti adat istiadat, nilai norma sosial lebih mudah menggunakan dongeng atau cerita anak.

Melalui cerita, anak mendapatkan pendidikan yang menyenangkan, sehingga tanpa disadari cerita dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai dan pendidikan moral bagi anak.

Dengan memberikan buku berisi bahan bacaan yang menyenangkan bagi anak, dapat menstimulasi imajinasi anak. Juga bisa membawa ke pemahaman diri sendiri dan orang lain. Cerita anak akan memengaruhi proses imitasi anak dengan meniru karakter-karakter yang baik pada cerita anak.

Dilansir dari laman resmi Anggunpaud Kemendikbud, ada 7 nilai pendidikan moral dalam cerita anak yang menunjukkan moral positif di antaranya:

1. Menanamkan sikap bekerja keras

Menanamkan sikap bekerja keras merupakan nilai moral positif, karena sesuai dengan norma dan aturan di masyarakat. Dengan bekerja keras seseorang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkannya meskipun dalam melakukannya harus dengan susah payah. Perilaku kerja keras dapat ditanamkan anak sejak usia dini.

Misalnya memberikan tanggung jawab kebersihan dan kerapian kamar kepada anak atau membantu orang tua untuk mencuci piring. Melalui pembiasaan ini diharapkan dapat tumbuh sifat bekerja keras pada anak.

Dengan begitu, seorang anak akan mengerti bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka ia harus melakukan suatu usaha. Saat anak menginginkan kenyamanan di dalam kamar, maka ia harus bersedia membersihkan dan merapikannya.

2. Ajaran agar bersikap patuh kepada orang tua

Bersikap patuh kepada orang tua merupakan nilai moral positif, karena sesuai dengan norma dan aturan di masyarakat. Nilai pendidikan moral berupa kepatuhan seorang anak terhadap orang tua wajib diajarkan kepada anak-anak. Moral ini menyangkut dengan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain.

Hal ini akan menunjukkan sikap hormat pada orang lain terlebih kepada orang tua. Tidak hanya itu, anak yang sejak dini diajarkan untuk patuh dan tidak berkata keras akan menumbuhkan kepribadian yang baik pada anak.

3. Ajaran untuk peduli terhadap kesusahan orang lain

Peduli terhadap kesusahan orang lain juga merupakan nilai moral positif. Sikap peduli merupakan sikap untuk memberikan pertolongan kepada orang lain yang tengah mengalami kesulitan atau penderitaan.

Sikap peduli juga dapat berarti tidak mengabaikan orang lain. Sejak dini, anak dapat diajarkan untuk memerhatikan orang lain dengan tidak mengacuhkan. Dengan begitu, sikap peduli menjadi karakter yang baik bagi anak.

4. Ajaran untuk meminta maaf atau memaafkan

Menyadari kesalahan yang telah diperbuat bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh semua orang. Karena hal ini berkaitan dengan hati yang bersih dan sikap rendah hati seseorang. Anak-anak dapat diajarkan tentang sikap rendah hati.

Rendah hati akan memberikan kesadaran dalam menilai dan memperbaiki diri sendiri, termasuk menyadari kesalahan diri sendiri. Anak-anak akan belajar dari kesalahan dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak membuat kesalahan yang sama. Kesalahan ini akan dilihat bukan sebagai beban. Akan tetapi kesalahan ini bisa dijadikan sebagai pelajaran.

5. Ajaran agar menjaga kelestarian alam

Menjaga kelestarian alam termasuk moral positif. Salah satu bentuk sikap menjaga kelestarian alam dapat dilakukan dengan cara menghargai lingkungan sebagai sumber daya yang harus dijaga dan dipelihara fungsinya.

Nilai moral tersebut dapat ditunjukkan dengan upaya mengajak anak untuk menanam pohon, menyiram tumbuhan dan melestarikannya.

Sikap menghargai lingkungan dengan cara menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Penanaman nilai-nilai terhadap kelestarian alam sekitar kepada anak-anak dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk berpartispasi dalam kerja bakti.

6. Ajaran untuk bersikap sabar

Anak sama hal seperti orang dewasa. Ia akan menjalani kehidupan dengan mengalami berbagai permasalahan hidup. Bersikap sabat merupakan nilai moral positif, karena sesuai dengan norma dan aturan di masyarakat.

Nilai pendidikan moral berupa kesabaran seseorang dapat diajarkan kepada anak-anak. Moral ini menyangkut pada hubungan sosial antara seseorang dengan makhluk lain seperti manusia dan juga binatang.

7. Ajaran agar senantiasa bersyukur

Sikap melahirkan rasa syukur yang dilakukan oleh seseorang merupakan nilai moral positif. Penanaman sikap syukur dalam diri anak dapat dilakukan melalui hal sederhana, misalnya membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih saat diberikan pertolongan.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/03/22/081420971/7-keuntungan-membaca-dongeng-bagi-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke