Salin Artikel

Mahasiswa Ingin Jadi Pengusaha Muda? Ini 6 Tipsnya

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi membawa banyak keuntungan. Selain jadi media untuk pembelajaran daring, teknologi juga bisa digunakan untuk yang lain.

Terlebih adanya gawai berkoneksi internet dapat dipakai untuk memulai bisnis online. Bahkan bisnis bisa dilakukan di mana saja.

Tak terkecuali para mahasiswa yang masih kuliah juga bisa memulai bisnis sendiri. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan dengan bisnisnya.

Tapi, memulai bisnis tidak bisa asal-asalan. Tentu ada tips-tipsnya bagi calon pengusaha muda. Apa itu?

Melansir laman UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), berikut ini disampaikan 6 tips bagi mahasiswa yang ingin memulai berbisnis.

"Jika kalian berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat," ujar salah satu dosen UPN Jogja, Hani Subagio.

Harus tepat dan nyaman

Memilih bisnis yang tepat karena hal ini akan membuat mahasiswa lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Selama ini, menurut Hani masih adanya kurang pemahaman dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa dalam memulai sebuah usaha.

Dalam memulai suatu bisnis seringkali muncul banyak permasalahan terutama bagi pemula. Oleh karena itu, dalam merintis sebuah usaha tidak bisa sembarangan.

"Butuh suatu perencanaan dan strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan bisa sukses dan berjalan sesuai yang diharapkan," terangnya.

Disamping itu, bagi seorang mahasiswa, pengusaha yang melakukan bisnis harus pintar-pintar dalam membagi dan mengatur waktu yang ada.

Karena melakukan bisnis bagi mahasiswa pengusaha bukan berarti melupakan kegiatan utamanya sebagai mahasiswa yaitu menuntut ilmu.

Tips bisnis pemula

6 tips bagi mahasiswa yang ingin memulai berbisnis:

1. Temukan passion

Ketika ide bisnis berasal dari hal-hal yang disukai seseorang, maka akan lebih fokus dan termotivasi untuk melakukan bisnis itu.

2. Kenali pasar

Tentukan pasar yang akan dibidik dan kenali kebutuhan mereka. Kamu bisa melakukan riset pasar dan menentukan strategi pemasaran untuk membantu bisnismu berkembang.

3. Miliki dana yang jelas

Memulai bisnis tak harus dengan modal besar. Meskipun modal sedikit namun jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal. Maka kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasilmaksimal.

4. Kelola waktu

Perlu diingat bahwa tugas utama kalian adalah menjadi mahasiswa. Maka, seimbangkanlah dalam menggunakan waktu, aturlah waktu belajar, organisasi, dan bekerja.

Mulailah dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang tergolong penting mendesak, penting dan kurang mendesak.

5. Jalin relasi

Menjalankan bisnis membutuhkan beragam keterampilan dan keahlian yang mungkin belum dikuasai. Dengan memiliki banyak relasi kamu dapat berbagi pengalaman dengan banyak orang bagaimana mengelola bisnis. Siapa tahu dengan banyaknya relasi, kalian mendapat mentor yang mau membimbing.

6. Usaha dan doa

Berbisnis tidak hanya mengandalkan niat dan tekad yang kuat tapi komitmen untuk memulai bisnis itu sendiri. Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal penting seorang pengusaha. Dan tentu saja semua harus diiringi dengan doa.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/11/172453671/mahasiswa-ingin-jadi-pengusaha-muda-ini-6-tipsnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.