Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PPDB 2021 SMP, Simak Penjelasan 4 Jalurnya

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Pada PPDB 2021 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan melalui empat jalur pendaftaran, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan juga jalur prestasi.

Bagi para orangtua yang memiliki anak usia SD kelas 6, maka harus persiapan untuk mengikuti PPDB 2021 SMP.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud, untuk jalur zonasi sendiri memiliki banyak manfaat seperti:

  • mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolah
  • pemerataan akses pendidikan
  • kondisi kelas yang heterogen
  • peningkatan kapasitas guru
  • peningkatan SPM dan PPK
  • menghilangkan praktik jual-beli kursi dan pungli
  • menjadi alat ukur intervensi pemerintah pusat dan pemda

Ini 4 jalur PPDB 2021 SMP

Untuk jenjang SMP, setiap jalur memiliki kuota tersendiri.

  • Jalur zonasi tingkat SMP minimal 50 persen
  • Jalur afirmasi minimal 15 persen
  • Jalur perpindahan tugas orang tua/wali maksimal 5 persen
  • Sisa kuota dialihkan ke jalur prestasi

Berikut ini penjelasan setiap jalurnya:

Jalur zonasi

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon siswa baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah.

Domisili calon siswa berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB 2021.

Sekolah juga wajib memprioritaskan peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.

Hanya ada sedikit penambahan aturan jalur zonasi untuk jenjang SMP di tahun 2021 ini. Tambahan aturan tersebut adalah jika kartu keluarga tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili. Keadaan tertentu meliputi bencana alam atau bencana sosial.

Jalur afirmasi

Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau penyandang disabilitas.

Siswa yang melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali

Untuk jalur ini sebagaimana dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Dalam hal terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali mengajar.

Jalur prestasi

PPDB melalui jalur prestasi ditentukan berdasarkan rapor yang dilampirkan dengan surat keterangan peringkat nilai rapor siswa dari sekolah asal atau prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Rapor menggunakan nilai rapor pada lima semester terakhir. Untuk bukti atas prestasi diterbitkan paling singkat enam bulan dan paling lama tiga tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/16/112634671/ppdb-2021-smp-simak-penjelasan-4-jalurnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke