Salin Artikel

Tips Mudah Ingat Soal UTBK dengan Konsep Belajar Ini

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 telah mulai digelar. Kali ini masih berlangsung untuk ujian gelombang I.

Bagi para calon mahasiswa yang belum ikut ujian, maka masih ada kesempatan untuk belajar. Tapi, apakah kamu mengalami kesulitan dalam mengingat materi?

Merangkum laman Institut Teknologi Telkom Purwokerto, berikut ini disampaikan tips agar mudah mengingat materi soal UTBK.

Kamu bisa mencoba konsep Spaced Repetition. Lewat konsep ini, kamu akan lebih mudah saat merancang rangkuman materi pelajaran yang ingin kamu kuasai.

Misalnya, dalam merangkum latihan soal UTBK 2021 beserta pembahasan pentingnya.

Konsep Spaced Repetition

Pada dasarnya konsep belajar ini sering kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama saat mengikuti proses belajar di sekolah.

Spaced Repetition digunakan untuk mengulang materi belajar dengan cara memberi jarak antar waktu belajar.

Tujuannya, adanya jeda waktu antar sesi belajar ini dapat meningkatkan kemampuanmu untuk mengingat lebih banyak materi belajar, termasuk saat latihan soal UTBK.

Jelang UTBK 2021, kamu tentu akan lebih banyak meluangkan waktu untuk melatih kemampuan menjawab soal-soal UTBK.

Tapi, dapatkah kamu mengingat seluruh materi yang sudah dipelajari? Kemungkinan, sebagian besar materi tidak dapat kamu ingat dengan baik.

Lewat strategi ini, kamu bisa membagi waktu belajar ke dalam beberapa fase, misalnya sekarang kamu sudah menghabiskan tiga hari penuh untuk belajar soal-soal UTBK, pada tiga hari berikutnya, kamu tinggal mengulangi semua materi yang sudah dipelajari.

Cara ini terbilang efektif untuk mengingat 60 persen dari materi yang sudah dipelajari selama 5 sampai 6 hari ke depan. Sehingga, kamu tinggal mengulangi cara ini pada materi UTBK lain yang belum kamu kuasai.

Tips gunakan konsep ini

1. Hafalkan materinya sampai benar-benar hafal

Saat menggunakan konsep ini kamu harus menghafal setiap materi yang ingin kamu kuasai sampai benar-benar menghafalnya. Setelah itu, kamu harus memberikan jeda sampai hampir melupakan meteri yang sudah dipelajari tadi.

Jika dijelaskan secara ilmiah, cara belajar seperti ini ternyata berkaitan dengan fungsi sel-sel neuron yang ada pada otak kita.

Ketika kamu belajar materi latihan soal UTBK 2021, sel neuron pada otak kamu bekerja membuat jalur yang saling berhubungan.

Setelah banyak jalur terbentuk dan terhubung, maka otak kita menjadi terbiasa menghafal materi pelajaran yang sudah dipelajari. Semakin sering materi tersebut diulas, otak kita akan semakin aktif membuat jalur-jalur alternatif yang lebih cepat.

2. Rancang jadwal belajar yang efektif

Metode ini ternyata sering digunakan menjelang ujian lho. Benedict Carey dalam bukunya yang berjudul How We Learn, telah mengulas bagaimana konsep Spaced Repetition ini sangat efektif digunakan menjelang ujian.

Berikut cara penerapan jadwal belajar menggunakan metode Spaced Repetition menurut Benedict Carey:

  • Satu minggu menjelang ujian: Gunakan jeda waktu pengulangan selama 1 sampai 2 hari.
  • Satu bulan menjelang ujian: Gunakan jeda waktu pengulangan selama 1 minggu.
  • Tiga bulan menjelang ujian: Gunakan jeda waktu pengulangan selama 2 minggu.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/17/122412771/tips-mudah-ingat-soal-utbk-dengan-konsep-belajar-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.