Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakar Unair: Ini Tips Tingkatkan Imun Tubuh

KOMPAS.com - Hingga kini, pandemi Covid-19 belum juga usai. Karenanya, masyarakat tetap diimbau selalu menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

Selain menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga harus bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat, mengonsumsi vitamin dan makan makanan yang bergizi.

Bisa pula dengan berolahraga. Dan sebagai pelengkap, masyarakat juga harus meningkatkan imunitas tubuh. Tetapi bagaimana caranya?

Salah satu dosen di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair), Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt. (Prof. Manges) memberikan tips.

Apa tipsnya? Salah satunya adalah mengonsumsi rempah-rempah karena kandungan kimiawi di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Rempah mampu tingkatkan imun

Dijelaskan Prof. Manges, terdapat penelitian terdahulu membuktikan bahwa enzim ACE2 merupakan tempat masuk beberapa jenis virus corona ke dalam sel tubuh manusia.

Virus corona tersebut termasuk severe acute respiratory syndrome coronavirus (SARSCov) penyebab penyakit SARS.

Serta pada beberapa studi juga mengidentifikasi masuknya SARSCov-2 (Virus penyebab Covid-19) melalui pintu yang sama, yaitu ACE2.

Tetapi Prof. Manges menyatakan bahwa penelitian sudah membuktikan bahwa kerja kandungan di dalam rempah-rempah dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Rempah-rempah itu antara lain:

1. temulawak

2. kunyit

3. jahe

Menurutnya, konsumsi rempah-rempah seperti temulawak dan kunyit sudah menjadi tradisi masyarakat Asia, termasuk Indonesia yang membuat tubuh sehat.

"Imun yang kuat pasti akan membantu tubuh untuk melawan kuman dan virus yang menyerang sel tubuh manusia," ujarnya seperti dikutip dari laman Unair.

Kekebalan tubuh yang kuat akan memperkecil atau meniadakan peluang masuknya virus ke sel tubuh kita melalui cara apapun.

"Oleh karena itu saya menyatakan saat ini bahwa temulawak, kunyit, dan jahe tidak berpotensi memudahkan penularan Covid-19," terangnya.

Akan tetapi, bahan-bahan tersebut bahkan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia, antara lain melalui aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, agar tidak mudah terkena infeksi virus dan bakteri.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/30/162932571/pakar-unair-ini-tips-tingkatkan-imun-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke