Salin Artikel

Hardiknas 2021: Ini 4 Hal yang Diterapkan Jokowi Semasa Sekolah

KOMPAS.com - Merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuat siniar (podcast) bersama, Minggu (2/5/2021).

Podcast ini yang berlangsung selama kurang lebih 26 menit ini berisi interaksi Jokowi dan Nadiem seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga sempat melontarkan beberapa pertanyaan terkait kebiasaan atau hal khusus yang dilakukan Jokowi semasa sekolah.

Termasuk tipe pelajar seperti apa Jokowi saat duduk di bangku sekolah.

Tidak mau kalah dalam hal belajar

Semasa duduk di bangku sekolah, Jokowi mengaku, merupakan pribadi yang tidak mau kalah.

Tidak mau kalah ini dalam arti, jika temannya belajar 1 jam, Jokowi belajar 2 jam. Setelah subuh, ada teman belajar 30 menit, Jokowi belajar 1 jam.

"Tidak mau kalah disitu maksud saya. Kenapa saya seperti itu, karena dengan belajar kita bisa mewujudkan cita-cita," terang Jokowi.

Jokowi menambahkan, ia juga aktif utamanya di pecinta alam. Jokowi mengatakan, memang senang dan juga bisa belajar dimana saja.

"Belajar kan tidak bisa di kampus di alam pun kita bisa belajar. Pendidikan yang kita peroleh di luar ruang kelas itu sama pentingnya dengan pendidikan yang kita terima di dalam kelas," imbuhnya.

Pertanyaan lain yang dilontarkan Nadiem yaitu terkait hal khusus yang dilakukan Jokowi semasa duduk di bangku sekolah dan manfaatnya masih relevan dengan jabatannya saat ini sebagai presiden.

Jokowi pun menjawab dengan lugas, beberapa hal yang dilakukan semasa sekolah, antara lain:

1. Belajar dari kesalahan

"Saya selalu belajar dari kesalahan," kata Jokowi dalam podcast yang disiarkan langsung di kanal Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Tidak pernah putus asa

3. Berkompetisi

Jokowi mengaku, ia senang berkompetensi. Bahkan karena suka berkompetisi ini pula, membuatnya berani memulai berwirausaha memulai dari nol sebelum akhirnya menjadi pejabat publik.

"Kalau kita tidak berani berbuat sesuatu yang kita tahu akan baik untuk pengembangan diri dan bahkan baik untuk sesama, saya pikir kita tidak bisa maju," beber Jokowi.

4. Ingin tahu

Selain itu Jokowi juga mengatakan bahwa ia dari dulu suka ingin tahu. Semuanya ingin tahu secara mendetail. 

Jangan berhenti belajar

Pada peringatan  Hardiknas ini pula, Jokowi juga menekankan agar seluruh pelajar jangan berhenti belajar walau sedang dalam kondisi pandemi Covid-19.

Bahkan kondisi ini justru digunakan belajar secara mandiri dan menjadi pembelajar sejati.

Menurut Jokowi, ilmu dari sekolah atau dari kampus suatu saat bisa menjadi usang, menjadi jadul.

"Tapi kalau selalu belajar sepanjang zaman, ini akan terus bisa relevan artinya kita memang harus belajar terus. Menjadi pembelajar sepanjang hidup," tegas Jokowi.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/05/03/060500771/hardiknas-2021--ini-4-hal-yang-diterapkan-jokowi-semasa-sekolah

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.