Salin Artikel

Mahasiswa, Ini Tips Kelola Uang THR Idul Fitri

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Selain bisa berkumpul bersama keluarga besar, saat Idul Fitri, sering kali anak-anak atau bahkan yang sudah kuliah pun mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) berupa uang dari para kerabat.

Bagi anak-anak, seringkali uang THR Idul Fitri langsung habis untuk membeli mainan.

Jika kamu mahasiswa dan masih mendapat THR saat Idul Fitri, tentunya harus lebih bijaksana mengelola uang tersebut.

Merangkum dari laman Institut Teknologi Batam, untuk mencegah THR habis dalam waktu cepat, ada beberapa cara tepat mengelola THR bagi mahasiswa. Yuk, simak di sini.

1. Alokasikan untuk keperluan kuliah

Seberapapun THR yang kamu peroleh saat Idul Fitri, sebisa mungkin kelola uang tersebut dengan baik.

Kamu bisa mengolokasikan THR untuk keperluan kuliah. Jika telah mendapatkan cukup banyak THR, kamu bisa mengalokasikan dana sekitar 30 persen untuk kebutuhan kuliah.

Selain itu, kamu juga memisahkan uang tersebut sesuai dengan prioritas keperluan yang akan dikeluarkan.

Jika kamu pernah mempunyai utang kepada teman atau kerabat untuk membayar keperluan kuliah, kamu bisa mengembalikannya dengan uang THR yang kamu peroleh.

2. Ditabung

Jika sejak awal tidak dikelola dengan baik, saat kamu memegang uang dalam jumlah banyak, dalam waktu singkat uang itu bisa saja habis.

Jika kamu mendapatkan THR banyak saat Idul Fitri, sebisa mungkin 30 persen dari uang yang kamu peroleh ditabung.

Kamu juga harus menabung di bank agar uang tabungan tidak mudah diambil. Dengan menabung, kamu bisa memenuhi kebutuhan mendesak ketika kuliah.

3. Beli buku atau online course 

Sebagai mahasiswa, tentu kamu harus memprioritaskan masa depanmu setelah lulus kuliah.

Dengan uang THR Idul Fitri, kamu bisa mengikuti kursus online untuk meningkatkan soft skills maupun hard skills.

Di zaman modern seperti saat ini, banyak platform online yang menyediakan kursus. Kamu bisa memilih beberapa di antaranya dan menjalankan kursus di rumah.

4. Memulai investasi

Investasi kini menjadi cara menyimpan uang yang menarik dan sering dilakukan kalangan muda. Selain menguntungkan, kini investasi mudah dilakukan hanya melalui gawai.

Saat ini banyak tersedia aplikasi untuk investasi. Baik saham maupun reksadana. Namun, sebelum memulai investasi, pastikan kamu telah memahami ilmu-ilmu dasar investasi dan memahami risiko yang harus ditanggung.

Itulah 4 cara mengelola THR bagi mahasiswa yang dianjurkan Institut Teknologi Batam. Jika kamu bisa mengelola uang dengan bijaksana, kedepan kamu tak perlu khawatir jika punya kebutuhan mendadak.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/05/14/143511071/mahasiswa-ini-tips-kelola-uang-thr-idul-fitri

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.