Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Kuliah Sarjana Terapan Rumpun Soshum? Begini Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Lulusan vokasi diharapkan bisa langsung mendapat pekerjaan dan upah yang layak. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi.

Dengan sejumlah program yang ada di Kampus Merdeka Vokasi ini, bisa meningkatkan kualitas lulusan vokasi dan bisa langsung diserap dunia industri. Salah satu perguruan tinggi yang membuka program studi (prodi) Sarjana Terapan (Diploma 4) adalah Universitas Padjadjaran.

Merangkum dari akun Instagram Unpad, ada beberapa pilihan prodi Sarjana Terapan di Unpad baik dari rumpun Saintek maupun Soshum. Di ulasan kali ini, Kompas.com merangkum prodi Sarjana Terapan di rumpun Soshum dan peluang kerjanya.

Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Bahasa dan Budaya Tiongkok

Selama kuliah kamu akan belajar tentang 4 aspek kemahiran berbahasa Mandarin baik berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Penerjemahan, korespondensi serta sejarah budaya Tiongkok.

Setelah menyelesakan pendidikan Bahasa dan Budaya Tiongkok, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah lisan dan tulisan bahasa Mandarin, pekerja di perusahaan Tiongkok, berbagai posisi lain yang memerlukan kemahiran berbahasa Mandarin.

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom)

Manajemen Produksi Media

Selama kuliah kamu akan belajar tentang manajemen media, industri media, produksi konten teks, audio dan video serta SEO dan analytics.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa bekerja sebagai media content specialist, media digital specialist, marketing produk film dan TV, marketing research dan media producer.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Akuntansi Perpajakan

Selama kuliah kamu akan belajar tentang pemotongan dan pemungutan pajak, akuntansi berbasis komputer, keberatan dan banding pajak, praktik pemeriksaan, akuntansi perpajakan, PPN, E-SPT dan lain-lain.

Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja sebagai analis pajak, konsultan pajak, staf akuntansi pajak, pemeriksa pajak, penelaah keberatan, account representative.

Bisnis Internasional

Selama kuliah kamu akan belajar tentang fungsi dan manajemen bisnis yang berorientasi global, manajemen transportasi dan logistik, akses dan survei pasar ekspor, serta materi lain terkait penyelenggaraan bisnis internasional.

Setelah lulus kamu bisa bekerja di bidang manajer ekspor impor dan pengusaha dengan orientasi ekspor.

Akuntansi Sektor Publik

Selama kuliah kamu akan belajar tentang akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan manajemen. Sistem pengelolaan keuangan dan aset, sistem informasi, audit internal dan eksternal, tata kelola dan manajemen risiko, pengukuran kinerja serta topik mutakhir dari akuntansi sektor publik.

Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja sebagai ahli akuntansi keuangan non pemerintah, auditor internal atau eksternal, analis laporan keuangan dan analis sistem informasi akuntansi dan manajemen sektor publik.

Pemasaran Digital

Selama kuliah kamu akan belajar tentang teknik dan pemanfaatan media digital untuk komunikasi pemasaran dan bisnis. Program pendidikan Pemasaran Digital ini memiliki peluang kerja yang sangat luas. Kamu bisa bekerja di sektor kreatif dan manajemen pemasaran digital.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip)

Administrasi Keuangan Publik

Selama kuliah kamu akan belajar tentang administrasi keuangan publik, pengelolaan keuangan, perancangan sistem dan audit bidang administrasi keuangan publik, perencanaan keuangan untuk kelembagaan maupun mandiri.

Salah satu prodi Sarjana Terapan Administrasi Keuangan Publik ini juga memiliki peluang kerja luas. Setelah lulus kamu bisa bekejra sebagai bendaharawan, auditor keuangan, asset appraisal, perencana keuangan.

Administrasi Pemerintah

Selama kuliah kamu belajar tentang perencanaan pembangunan, manajemen pemerintahan dan pelayanan publik, praktik legal drafting, komunikasi pemerintahan, keprotokoleran dan kehumasan pemerintah, pelaporan kinerja pemerintah dan e-government.

Setelah lulus kuliah, prospek kerja prodi ini juga luas, yaitu di sektor perencanaan pembangunan, pemimpin daerah atau desa, analis kebijakan publik, analis kepegawaian dan analis kinerja dan pengawas pemerintahan.

Bisnis Logistik

Selama kuliah kamu belajar tentang aspek-aspek dalam bisnis logistik, seperti manajemen, kepemimpinan, governing, entrepreneuring dan entrepreneurship, akuntansi serta teknologi dan sistem informatika.

Setelah menyelesaikan kuliah kamu bisa bekerja sebagai start up dan business owner dalam bisnis logistik, supervisor dan manager dalam perusahaan di bidang logistik, pendamping dan konsultan perusahaan di bidang logistik dan bisnis logistik.

Kearsipan Digital

Selama kuliah kamu akan belajar tentang dasar-dasar teknologi digital, manajemen arsip statis dan dinamis, konsep database, data warehouse dan big data, arsip web programing, teknik rekonstruksi arsip (digital forensik) dan mata kuliah lainnya terkait digitalisasi arsip.

Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja sebagai digital collection officer, corporate information officer, knowledge organization officer, archivist, database officer dan information officer.

Inilah informasi terkait Sarjana Terapan (Diploma 4) yang ada di Unpad berikut peluang kerjanya. Jika kamu masih bimbang untuk melanjutkan pendidikan, Sarjana Terapan ini bisa menjadi pilihanmu dengan harapan setelah lulus bisa langsung terserap di dunia kerja.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/05/29/141100771/tertarik-kuliah-sarjana-terapan-rumpun-soshum-begini-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke