Salin Artikel

Dukung Era Society 5.0, Rektor UNM Harap Ahli Ilmu Komputer Ciptakan Inovasi Terbarukan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) Dwiza Riana berharap, ahli bidang ilmu komputer, terutama lulusan pendidikan magister ilmu komputer mampu menghasilkan riset-riset berkualitas guna mendukung era society 5.0.

“Riset-riset yang dihasilkan lulusan magister ilmu komputer akan sangat berguna. Utamanya, dalam hal menciptakan berbagai inovasi terbarukan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia industri,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Tak hanya itu, imbuh Dwiza, para ahli bidang ilmu komputer diharapkan mampu survive di tengah kondisi persaingan kerja yang semakin ketat.

“Saya menilai para ahli ilmu komputer lulusan magister ilmu komputer mampu mengadopsi riset-riset terdahulu. Tujuannya untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan bidang teknologi masa kini agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya, Selasa (29/6/2021).

Menurut Dwiza, program studi magister ilmu komputer dapat menjadi pilihan utama untuk kemajuan bangsa. Terlebih, untuk masyarakat yang ingin berperan aktif menciptakan inovasi-inovasi terbarukan.

Salah satu tempat untuk mencetak lulusan magister ilmu komputer terbaik adalah di Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Untuk diketahui, program studi magister ilmu komputer UNM sudah terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali”.

“Dengan melanjutkan pendidikan tinggi pada program studi magister ilmu komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM), mahasiswa akan dilatih menjadi individu yang kreatif, inovatif serta handal di bidang teknologi informasi,” ucap Dwiza.

Tidak hanya itu, sebut dia, mahasiswa juga akan dilatih menguasai berbagai skill penting untuk berpikir out of the box dalam menemukan solusi atas permasalahan yang ada.

“Untuk itu, mari segera bergabung bersama Universitas Nusa Mandiri. Kami siapkan bersama inovasi teknologi terbarukan guna mencapai Indonesia Emas 2045,” katanya.

Pentingnya ahli ilmu komputer di era society 5.0

Dalam kesempatan tersebut, Dwiza menyatakan, ahli ilmu komputer berperan penting di era society 5.0 sebagai tolak ukur tumbuhnya inovasi-inovasi kreatif masa depan.

Oleh karena itu, Universitas Nusa Mandiri (UNM) fakultas Teknologi Informasi program studi Ilmu Komputer (S2) berfokus pada peningkatan kualitas bidang ilmu komputer.

“Kami senantiasa berinovasi bidang ilmu komputer berbasis teknologi informasi dan menyajikan kurikulum yang sesuai kebutuhan dunia industri,” kata Dwiza.

Ia menilai, kesiapan lulusan magister ilmu komputer menjadi hal utama dalam menghadapi tantangan pada era society 5.0.

Begitu pula pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan ahli di bidang ilmu komputer juga sangat dibutuhkan.

“Hal ini demi mewujudkan keberhasilan ilmu pengetahuan bidang komputer karena memiliki peran cukup penting pada era society 5.0,” ujar Dwiza.

Maka dari itu, lanjut dia, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang teknologi komputer menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Sebab, mereka berperan sebagai perancang, pembangun dan harus menerapkan hingga memelihara segala perangkat keras maupun perangkat lunak serta jaringan ini.

Oleh karenanya, ahli ilmu komputer terutama yang telah menempuh pendidikan tinggi sebagai magister ilmu komputer sangat diperlukan.

Hal tersebut berguna untuk menghasilkan riset-riset yang mumpuni di bidang ilmu komputer.

“Riset-riset ini, nantinya akan berguna demi terciptanya inovasi-inovasi terbaru yang kreatif dan cerdas. Tentunya akan sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk mendukung era society 5.0,” imbuh Dwiza.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/06/30/123644871/dukung-era-society-50-rektor-unm-harap-ahli-ilmu-komputer-ciptakan-inovasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.