Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Bekerja Depan Komputer dari Alumni UGM

KOMPAS.com - Bagi pekerja kantoran, bekerja di depan layar monitor sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan ketika perusahaan menerapkan work from home (WFH), di rumah juga tetap bekerja di depan layar.

Namun, jika secara terus menerus berada di depan layar komputer/laptop maka bisa mengganggu kesehatan. Misalnya daya kerja mata yang berkurang, sakit punggung, leher, dan kepala.

Jika gangguan kesehatan ini terus terjadi, bukannya pekerjaan selesai tepat waktu, Anda justru bisa terancam bedrest dan meninggalkan tanggung jawab dari kantor.

Agar hal buruk itu tidak terjadi, beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar tetap bugar meski seharian bekerja di depan layar.

Melansir laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), berikut 5 tips bekerja depan komputer dan agar tetap fit:

1. Duduk senyaman mungkin

Bekerja seharian di depan komputer jelas sangat melelahkan. Jika salah posisi ketika duduk, Anda bisa mengalami gangguan tulang dan otot.

Untuk itu, cobalah mencari kursi yang nyaman untuk Anda. Paling tidak, tinggi kursi setinggi lutut sehingga ketika duduk, posisi paha Anda menjadi sejajar dengan lantai. Usahakan untuk duduk dengan tegap namun tetap santai. Manfaatkan sandaran kursi untuk membuat Anda lebih nyaman.

2. Setting layar monitor

Cara kedua ialah mengtur kecerahan cahayanya. Jangan terlalu cerah, namun jangan juga terlalu redup. Cahaya yang terlalu cerah dan redup cepat membuat mata Anda lelah.

Usahakan kecerahan cahaya dari monitor tidak lebih kuat dibandingkan dengan pencahayaan ruangan Anda. Atur pencahayaan ruangan Anda. Jika terlalu terang, matikan beberapa lampu. Begitu pun jika masih redup, tambah saja beberapa lampu.

3. Atur jarak mata dengan layar monitor

Paling tidak, jarak monitor ke mata sekitar 50-60 centimeter. Ini untuk mengurangi dampak terpaparnya mata Anda terhadap sinar dari monitor.

Usahakan juga posisi layar sejajar dengan pandangan mata agar leher tidak terlalu membungkuk. Ketika Anda sering membungkuk untuk menatap layar, gangguan pada leher bisa terjadi.

4. Sejenak istirahat dan lakukan senam mata

Tentu, terlalu lama menatap layar komputer memang membuat mata lelah. Karena itu, jangan terus menerus menatapnya. Ambil beberapa jeda untuk mengistirahatkan mata Anda.

Caranya, pejamkan mata Anda barang sejenak, kedip-kedipkan, dan pandang ke arah tempat yang lapang. Bisa di dalam ruangan, tetapi luar ruangan lebih diutamakan.

5. Coba lakukan pola 20-20-20

Mark Rosenfield, Ph.D,, seorang profesor the State University of New York College of Optometry mengenalkan tips kesehatan mata dengan pola 20-20-20.

Arti dari 20-20-20 adalah bahwa setiap 20 menit Anda melihat monitor, mata harus diistirahatkan selama 20 detik untuk memandang objek lain sejauh 20 meter.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/07/02/093927971/5-tips-bekerja-depan-komputer-dari-alumni-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke