Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua, Ini 5 Cara Bantu Anak Hadapi Stres Selama Pandemi Covid-19

KOMPAS.com - Naiknya kasus positif Covid-19 mengharuskan masyarakat Indonesia sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah.

Rencana pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada tahun ajaran baru mendatang juga belum bisa dilakukan di daerah-daerah yang masih berstatus zona merah.

Kondisi pandemi Covid-19 ini tentu mendatangkan tekanan bagi orang dewasa. Bahkan tekanan atau stres ini juga bisa menerpa anak-anak.

Selama pandemi orangtua harus berperan menjadi guru untuk mendampingi anak selama mengikuti belajar di rumah (BDR).

Tentu hal ini juga tidak mudah bagi sebagian orangtua untuk mengurus urusan rumah, pekerjaan hingga mendampingi anak sekolah. 

Namun, di sisi lain, orangtua juga perlu tahu bagaimana menghindari anak diterpa rasa stres dalam kondisi seperti ini.

Kondisi pandemi Covid-19 ini tentu sulit diterima anak-anak. Biasanya mereka bisa berangkat ke sekolah dan bertemu teman hingga guru, selama pandemi harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Selain itu, tiap akhir pekan mungkin anak bisa berjalan-jalan bersama keluarga, selama pandemi anak-anak diharuskan tetap di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Merangkum akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada 5 cara membantu anak menghadapi stres selama masa pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, mengelola stres menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan imun agar tetap bahagia. Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa loh, namun anak-anak juga bisa merasakannya," tulis admin Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Senin (5/7/2021).

5 cara bantu anak hadapi stres selama pandemi

Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak menghadapi stres saat pandemi Covid-19.

1. Dengarkan anak jika ia menyuarakan isi hatinya.

2. Bicara dengan lembut dan hibur anak.

3. Berikan kesempatan bagi untuk bermain dan bersantai.

4. Buat rutinitas baru untuk belajar, bermain dan bersantai dengan aman.

5. Sampaikan situasi yang sedang dihadapi pada anak dengan kata-kata yang mudah dipahami.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengurangi rasa stres yang mungkin saja dihadapi anak-anak selama pandemi Covid-19.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/07/05/153431771/orangtua-ini-5-cara-bantu-anak-hadapi-stres-selama-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke