Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tes Kepribadian Gratis untuk Lebih Kenal Diri Sendiri

KOMPAS.com - Setiap individu memiliki potensi untuk sukses dengan mengandalkan kelebihan diri yang dimiliki. Dalam dunia kuliah atau karier misalnya, mengenal kelebihan diri sendiri dapat menjadi salah satu cara memilih jurusan, bahkan menentukan bidang pekerjaan yang cocok.

Menurut riset Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, seperti dirangkum dari laman Quipper Campus, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia merasa dirinya salah jurusan. Sehingga, tes minat dan bakat dinilai penting untuk dilakukan sebelum memilih jurusan.

Ada banyak tes yang dapat kamu ikuti, baik melalui lembaga profesional sehingga hasilnya akan lebih akurat, hingga tes kepribadian gratis.

Berikut sejumlah tes kepribadian gratis yang kamu bisa akses gratis:

1. 16 Personalities

Sekitar 429 juta orang yang telah mengikuti tes kepribadian melalui 16 Personalities. Menjadi salah satu tes kepribadian gratis yang sangat populer.

Informasi yang diberikan cukup detail, mencakup kelebihan, kekurangan, gambaran karier yang cocok untuk kepribadian yang kamu miliki.

2. Quipper Campus

Platform edukasi Quipper Campus memberikan sejumlah tes kepribadian gratis. Tak hanya tes minat dan bakat, melalui laman "Uji Potensi", kamu juga dapat mengikuti sejumlah tes kepribadian gratis.

Ada tes gaya belajar, tes faktor penyebab stres akademik, tes kecerdasan emosi, tes kecerdasan majemuk, hingga tes gaya kepemimpinan.

3. EQ Test Goleman

Tes ini dikembangkan oleh Daniel Goleman, psikolog yang menulis buku Emotional Intelligence.

Tes ini dapat membantu kamu mengenali tingkat kecerdasan emosionalmu dengan menjawab sejumlah pertanyaan.

4. Hexaco Personality Inventory

Hexaco Personality Inventory membagi kepribadian dalam 6 tipe, yaitu honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness dan openness to experience.

Yuk, cari tahu hasil dari tes kepribadian kamu.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/07/09/120907471/4-tes-kepribadian-gratis-untuk-lebih-kenal-diri-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke