Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Pahami Jenis dan Sifat Cermin

KOMPAS.com - Meski sederhana, cermin dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah kamu jika cermin ada beberapa jenis. Tiap jenis cermin juga mempunyai sifat dan fungsi yang berbeda.

Misalnya untuk mematut diri, biasanya menggunakan cermin datar. Cermin jenis ini juga bisa dengan mudah ditemukan di rumah.

Dirangkum dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Senin (2/7/2021), memaparkan jenis cermin dan fungsinya.

Bagi siswa SMP, jenis dan sifat cermin ini juga dipelajari dalam mata pelajaran Fisika. Yuk simak bersama jenis, fungsi dan sifat cermin yang ada.

Cermin datar

Cermin datar ini merupakan cermin yang sudah umum ada di dalam rumah. Bentuk permukaannya datar.

Pada umumnya, cermin datar digunakan untuk berkaca. Cermin datar ini menghasilkan dua macam bayangan yakni bayangan nyata dan bayangan maya (semu).

Bayangan nyata terjadi karena sinar-sinar pantulnya saling berpotongan. Sedangkan kalau bayangan maya (semu) itu terjadi karena terjadi perpotongan perpanjangan sinar pantul.

Cermin cekung

Jenis cermin yang kedua yaitu cermin cekung. Dalam kehidupan sehari-hari cermin cekung itu dapat dilihat di sendok stainless steel yang ada di rumah. Selain itu juga, reflektor yang ada pada lampu senter, juga menggunakan cermin cekung lho.

Ada empat sifat bayangan yang dibentuk sama cermin cekung, yakni:

1. Jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu 5.

2. Jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperbesar.

3. Jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperkecil.

4. Hanya bayangan di ruang 4 yang bersifat maya dan tegak.

5. Cermin cekung bersifat nyata dan terbalik.

Cermin cembung

Cermin cembung bisa ditemukan pada cermin yang ada di jalan tikungan. Cermin dengan sifat cembung seperti ini kebanyakan digunakan dalam dunia transportasi.

Selain sebagai cermin tikungan, digunakan pada spion. Baik itu spion motor, mobil, truk, bahkan bus menggunakan cermin cembung.

Sejumlah alat transportasi menggunakan cermin cembung dengan tujuan memberikan bayangan dari kendaraan orang lain yang bisa dilihat di spion.

Jarak yang dilihat dari spion tidak sedekat yang diperkirakan. Dengan kata lain bayangan kendaraan tersebut aslinya masih agak jauh dari posisi aslinya alias diperkecil. Ini sesuai dengan sifat yang dihasilkan cermin cembung yakni maya, tegak, dan diperkecil.

Demikian informasi mengenai jenis dan sifat cermin yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari. Ulasan ini bisa membantu siswa dalam mempelajari jenis dan sifat cermin di mata pelajaran Fisika jenjang SMP.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/02/123648871/siswa-pahami-jenis-dan-sifat-cermin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke