Salin Artikel

10 Negara Paling Bersih di Dunia 2021, Seperti Ini Kualitasnya

KOMPAS.com - Meningkatnya jumlah penduduk diiringi dengan kebutuhan hidup yang kian meningkat menjadi salah satu pemicu semakin banyaknya sampah hingga polusi udara di tiap negara.

Itulah mengapa predikat sebagai negara paling bersih di dunia bisa menjadi salah satu capaian tersendiri, terutama bagi 10 negara yang oleh World Population Review 2021 dinobatkan sebagai negara paling bersih di dunia.

Merangkum laman platform edukasi Kelas Pintar, Selasa (3/8/2021), para peneliti Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia berhasil mencatatkan beberapa negara sebagai yang paling bersih di dunia.

Pengukuran tingkat kebersihan dan keramahan lingkungan ini mengikutsertakan lebih dari 180 negara di seluruh dunia dengan mengukur The Environmental Performance Index (EPI) atau Indeks Kinerja Lingkungan.

EPI menetapkan 24 indikator kinerja di sepuluh kategori yang mencakup kesehatan lingkungan dan vitalitas ekosistem. Kategori ini meliputi kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati, serta keberlanjutan.

Faktor-faktor tersebut dipercaya para peneliti merupakan dasar yang sangat mempengaruhi kesehatan manusia.

Mereka mencatat, negara-negara dengan tingkat polusi tinggi cenderung mengalami tingkat penyakit tidak menular yang tinggi. Terhitung 72 persen dari semua kematian, 16 persen disebabkan oleh polusi beracun.

Berikut adalah daftar negara paling bersih di dunia yang dikeluarkan oleh World Population Review 2021:

1. Denmark

Peringkat pertama negara paling bersih di dunia ditempati oleh Denmark dengan skor EPI 82,5. Negara ini memiliki beberapa kebijakan terbaik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim, sehingga dipercaya memiliki kualitas udara yang tinggi serta kaya akan keanekaragaman hayati.

Denmark juga berfokus pada keberlanjutan dengan hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik.

Prestasi membanggakan tersebut tentu tak lepas dari upaya masyarakat dan pemerintah dalam menerapkan prinsip sustainability, memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbarui, menjaga kebersihan dan penggunaan air, serta melawan perubahan iklim.

Salah satu yang paling bisa dicontoh adalah tren penggunaan transportasi berupa sepeda untuk mendukung mobilitas harian para warga.

2. Luksemburg

Negara paling bersih kedua adalah Luksemburg dengan skor EFI 82. Negara ini telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Sementara skor untuk keanekaragaman hayati serta sumber daya air masing-masing cukup tinggi, yaitu 96,54 dan 99,76.

Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini memiliki penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik. Misalnya, dari pengadaan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota, hingga pemberian hukuman bagi mereka yang mengotori area publik.

3. Swiss

Swiss tidak hanya populer dengan produksi cokelatnya yang sudah mendunia, negara ini juga merupakan negara paling bersih ketiga di dunia dengan skor EPI 81,5.

Selain terkenal dengan air bersih, hutan lebat, dan satwa liar yang melimpah, Swiss juga memiliki komitmen tinggi untuk menjadi negara terbersih di dunia lewat sistem sanitasi airnya yang tertata.

Swiss juga memiliki sistem daur ulang yang sangat maju.

4. Inggris

Inggris adalah negara terbersih keempat dengan skor EPI 81,3. Skor ini mengesankan, mengingat populasi negara itu mencapai 66,52 juta.

Negara ini juga memiliki banyak organisasi dan yayasan pencinta lingkungan yang memiliki kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan. Beberapa di antaranya, yaitu CleanupUK yang dipimpin oleh Duchess of Cornwall, Surfers Against Sewage dengan Pangeran Charles sebagai pelindung yang juga menjadi pimpinan di The Environment Law Foundation, dan The Angling Trust yang memerangi polusi dan kerusakan lingkungan air.

5.Prancis

Selain menjadi negara indah dan teromantis, Perancis juga merupakan salah satu negara terbersih di dunia dengan Skor EPI 83,95.

Dimasukkannya Perancis ke dalam daftar sendiri sempat memunculkan perdebatan, mengingat negara ini juga merupakan negara industri dan hampir 80 persen energinya berasal dari tenaga nuklir.

Secara signifikan, Perancis nyatanya berhasil mengurangi emisi karbonnya dan menerima skor 96,82 untuk polusi udara.

6. Austria

Austria dikenal memiliki standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah paling ketat di Eropa. Menjadi negara paling bersih keenam di dunia dengan skor EPI 79,6.

Sekitar dua pertiga di negara ini merupakan hutan lebat dan padang rumput. Mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, tak terkecuali ibu kotanya, Vienna.

Finlandia juga menjadi negara terbersih ketujuh berkat penerapan energi terbarukan yang dibangunnya di seluruh negeri.

Tak hanya itu, negara ini juga menempati peringkat tertinggi untuk air dan sanitasi, kualitas udara, dan paparan logam berat. Finlandia juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

Ibu kota Finlandia, Helsinki bahkan sudah menargetkan untuk menyetop penggunaan mobil di tahun 2025.

8. Swedia

Swedia merupakan salah satu negara nordik paling berkelanjutan di dunia yang dikenal dengan emisi karbon dioksida yang rendah dan penggunaan sumber energi terbarukan.

Negara ini berkomitmen untuk melestarikan ribuan hektar hutan, serta menjadi negara terdepan dalam daur ulang.

Atas komitmennya tersebut Swedia berhasil menempati posisi kedelapan sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 78,7.

Selain itu, Swedia juga mempunyai sistem sanitasi yang sangat baik dan kebijakan publik tentang manajemen sampah yang solid. Salah satu cara yang dilakukan mulai dari pemberian opsi menu vegan-friendly di restoran.

9. Norwegia

Menempati posisi ke-9 dengan skor 77,7, Norwegia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen akhir tahun ini.

Norwegia juga berhasil mengembangkan the pant system, yakni pemberian penghargaan yang diberlakukan bagi orang-orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng aluminium.

10. Jerman

Setiap minggu, masyarakat melalukan kegiatan Kehrwoche atau semacam kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.

Membuat Jerman berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih dengan skor EPI 77,2.

Jerman mendapat skor sempurna untuk sanitasi yang baik dan saat ini sedang mengembangkan revolusi energi terbarukan, meningkatkan keramahan lingkungannya melalui 10 inisiatif hijau.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/03/160456871/10-negara-paling-bersih-di-dunia-2021-seperti-ini-kualitasnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.