Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Mudah Cari Bahan Belajar di Google, Gunakan Cara Ini

KOMPAS.com - Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) memberikan tantangan bagi siswa dan mahasiswa dalam memahami pelajaran. Namun, sekaligus memberikan peluang karena ada banyak sumber belajar di internet yang bisa menambah ilmu pengetahuan.

Menggunakan google untuk mencari bahan belajar mungkin sudah biasa, namun ada trik "googling" agar materi yang didapatkan lebih tepat sasaran.

"Kalau bisa cara-cara Googling, hidup pasti akan jadi lebih mudah," tulis Quipper Campus melalui akun Instagram, Rabu (4/8/2021).

Berikut beberapa trik "googling" yang bisa digunakan untuk mencari bahan belajar:

1. Gunakan tanda kutip ("...")

Penggunaan tanda kutip bertujuan agar kata yang keluar di Google sama persis dengan kata yang diketik di mesin pencarian.

Misalnya, saat ingin mencari sejarah masuknya Islam di Indonesia, kamu bisa mencarinya dengan menuliskan "Sumber Sejarah dan Berita Masuknya Islam di Indonesia".

2. Gunakan tanda minus (-) untuk mengecualikan kata-kata

Menggunakan tanda minus di depan sebuah kata akan membuat kata itu tidak akan tampil di hasil pencarian.

Misalnya, ketika kamu sedang mencari materi vektor fisika dan tidak mencari vektor matematika, maka kamu bisa mengetik: vektor -matematika

3. Gunakan titik dua (:) untuk mencari hanya di situs tertentu

Saat mencari bahan melalui google, maka mesin pencarian akan menampilkan banyak opsi dari berbagai sumber. Namun, bila kamu hanya ingin menggunakan sumber dari situs tertentu, maka kamu bisa menuliskan "site" dan lambang titik dua.

Saat kamu mencari materi tentang stoikiometri misalnya, namun hanya ingin mencari materi tersebut di laman Quipper, maka kamu bisa mengetik: stoikiometri site:quipper.com.

4. Pakai tanda bintang (*) untuk mencari kalimat dengan beberapa kata yang hilang

Ini bisa kamu gunakan untuk mengetik materi yang panjang namun kamu tidak hafal atau tidak yakin dengan kata-katanya, maka kamu bisa menggantinya dengan tanda bintang.

Misalnya, kamu mau googling sila keempat Pancasila, kamu bisa mengetik: kerakyatan yang * oleh hikmat *

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/04/114410571/lebih-mudah-cari-bahan-belajar-di-google-gunakan-cara-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke